Bibit pohon ini berasal dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar dan akan ditanam di seluruh Nagari Anduring baik di pekarangan rumah, tepian sungai hingga bukit-bukit yang gundul,"
Padang (ANTARA News) - Para mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yang tengah melaksanakan program Kuliah kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) menanam 1.000 batang pohon penghijauan di bukit dan tepian Sungai Lubuk Ikan Larangan Jorong Sipisang Sipinang Kanagarian Anduriang Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN-PPM di Nagari Anduring, Drs Dahnil Aswad, M.Si di Padang, Minggu, mengatakan penghijauan ini sangat penting dalam menjaga kelestarian alam.

Ia menjelaskan kegiatan ini sebagai bentuk aplikasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan tujuan untuk melakukan pengabdian yang dilakukan dosen dan mahasiswa kepada masyarakat dan lingkungannya serta dalam upaya untuk melestarikan lingkungan dengan melakukan penghijuan.

"Bibit pohon ini berasal dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar dan akan ditanam di seluruh Nagari Anduring baik di pekarangan rumah, tepian sungai hingga bukit-bukit yang gundul," sebutnya.

Pohon yang akan ditanam berupa pohon Durian 300 batang, pohon Sengon 300 batang, pohon Surian 200 batang dan sisanya pohon Ketapang, Mahaoni serta Bayua, katanya.

Sementara itu, Ketua Pengelola KKN-PPM UBH, Ir. Indra Khaidir, MT mengatakan kegiatan ini sangat bagus dilaksanakan karena bentuk dari pemberdayaan kepada masyarakat.

Dengan pelaksanaan dan diterjunkannya mahasiswa KKN ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat, katanya.

"Tentunya, untuk menyukseskan KKN ini peran pemerintah daerah, masyarakat dan perguruan tinggi sangatlah penting. Ketiga komponen itu harus bersinergi satu sama lainnya," jelasnya.

Wakil Rektor III UBH, Drs Suparman Khan, M.Hum menyebutkan penanaman pohon ini bentuk kepedulian sivitas akademika UBH terhadap lingkungan hidup. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah terutama bupati yang hadir dan banyak membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini.

"Menanam pohon ini sangat penting sekali dan dapat membawa dampak yang besar bagi masyarakat," katanya.

Kegiatan penanaman pohon ini dibuka secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni yang pada sambutanya ia mengatakan penanaman pohon ini bagian kepedulian terhadap lingkungan.

"Yang menjadi permasalahan bukan soal pengadaan bibitnya. Pemerintah daerah bisa menyiapakan bibit. Mau 1.000 bibit atau 2.000 bibit tanaman, kami siap bantu. Namun yang menjadi persoalannya bagaimana untuk menjaga tanaman ini hingga dapat tumbuh besar," jelasnya.

(H014/A029)

Pewarta: Hendra Agusta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014