Sampah itu simbol antusiasnya warga..."
Labuhanbatu, Sumut (ANTARA News) - Warga yang menyaksikan perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-69 di Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) menyisakan empat ton sampah.

"Perkiraan kita sampah yang ada tadi sekitar empat ton," ungkap Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan (Dispaskeb) Pemkab Labuhanbatu H Kamal Ilham, di Rantauprapat, Minggu malam.

Dari pengamatannya, sampah terserak di lapangan Ikabina, Jalan HM Thamrin, Jalan Sudirman, Jalan Imam Bonjol, Jalan Gatot Subroto, Jalan Binaraga, jalan Urip Sumodiharjo serta ruas jalan lainnya.

Sementara jenis sampah yang dominan adalah plastik bekas air mineral, plastik pembungkus makanan ringan, tungkul sisa jagung rebus dan lainnya.

"Sampah itu simbol antusiasnya warga Rantauprapat dan masyarakat Labuhanbatu menyaksikan perayaan hari Kemerdekaan yang dihiasi defile dan pawai puluhan kenderaan hias," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar mengapresiasi kegesitan petugas kebersihan mengatasi sampah-sampah yang berserakan.

"Saya apresiasi perhatian dinas terkait dalam mengatasi sampah pasca perayaan HUT RI di Rantauprapat, sehingga kebersihan kota tetap dapat terjaga," ujarnya.

Guna membersihkan sampah yang berserakan di sejumlah ruas jalan tersebut, pihaknya harus mengerahkan sebanyak 35 orang petugas kebersihan. (*)

Pewarta: Joko Gunawan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014