London (ANTARA News) - Manchester City dan Liverpool, dua tim teratas pada musim lalu di Liga Utama Inggris, harus menghadapi perlawanan sulit sebelum memulai musim baru dengan kemenangan-kemenangan yang diraih dengan susah payah pada Minggu.

David Silva dan Sergio Aguero menyumbang gol ketika City memulai perjalanan mereka untuk mempertahankan gelar dengan kemenangan 2-0 di markas Newcastle United. Sementara itu Daniel Sturridge mencetak gol kemenangan pada fase akhir pertandingan untuk membuat Liverpool menang 2-1 atas tamunya Southampton, lapor AFP.

Kedua rival ini bergabung dengan lima tim lainnya, termasuk Arsenal, yang meraih nilai maksimal, menjelang lawatan mereka ke Stadion Etihad pada Senin depan pada pertemuan tim papan atas untuk pertama kalinya di musim ini.

Pelatih City Manuel Pellegrini memberi kesempatan debut kepada gelandang baru yang berasal dari Brazil Fernando dan melihat timnya unggul pada menit ke-38 di St James Park.

Yaya Toure mengirim operan lambung kepada Edin Dzeko dan ketika para bek tengah Newcastle mengejar bola, pemain Bosnia itu menyodorkan bola kepada Silva dengan sepakan tumit, dan gelandang Spanyol itu tanpa kesulitan menaklukkan Tim Krul.

Newcastle, yang memberi kesempatan debut kepada Daryl Janmaat, Jack Colback, Remy Cabella, dan Emmanuel Riviere, tampil lebih baik setelah turun minum, di mana Cabella dan Paul Dummett menyia-nyiakan peluang yang mereka miliki untuk mencetak gol.

Pemain pengganti Newcastle Ayoze Perez kemudian melihat sepakan melengkungnya berubah arah karena mengenai Fernando, sebelum Aguero berlari mengejar bola dan menaklukkan Krul pada upaya keduanya di masa tambahan waktu untuk membuat timnya meraih kemenangan 2-0.

Sebelumnya, Sturridge mencetak gol kemenangan pada menit ke-79 ketika Liverpool mengalahkan tamunya Southampton di Anfield yang bermandikan sinar matahari.

Raheem Sterling membawa Liverpool unggul pada pertengahan babak pertama di Anfield, namun Nathaniel Clyne mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-60 setelah bekerja sama dengan pemain debutan Dusan Tadic.

Pasukan Brendan Rodgers terlihat akan kehilangan angka maksimal pada pertandingan kompetitif pertama mereka sejak penjualan Luis Suarez ke Barcelona, namun saat pertandingan tinggal menyisakan 11 menit permainan, Sterling memberi umpan kepada Sturridge untuk dikonversi menjadi gol kemenangan.


Liverpool "Luar Biasa"

"Kami mencetak dua gol yang sangat bagus dan kami gembira dengan kemenangan ini," kata pelatih Liverpool Rodgers kepada Sky Sports.

"Perihal karakter dan hasrat serta keinginan untuk menang, kami luar biasa."

Dengan dua pemain debutan James Manquillo dan Dejan Lovren - mantan bek Southampton - yang dimasukkan dalam tim inti, Liverpool mendominasi penguasaan bola pada fase awal pertandingan dan membuka keunggulan pada menit ke-23.

Gol itu tercipta berkat kegigihan dan visi Jordan Henderson, yang membantu Manquillo meredam Tadic, memenangi duel 50-50 dengan Morgan Schneiderlin, dan kemudian memberi umpan kepada Sterling untuk menaklukkan Fraser Forster dengan penyelesaian sentuhan pertama.

Musim panas ini merupakan musim yang penuh gejolak bagi Southampton, yang kehilangan lima pemain kuncinya dan merekrut pelatih baru Ronald Koeman, namun mereka tidak gentar pada gol pembuka Liverpool dan mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-56.

Clyne memberi operan ke depan untuk Tadic dan pemain Serbia itu menaklukkan penjaganya sebelum melepaskan sepakan tumit menuju jalur pergerakan rekan setimnya, yang menuntaskannya dengan tembakan ke sudut atas gawang tuan rumah.

Setelah upaya Steven Davis dapat digagalkan kiper Liverpool Simon Mignolet, Sterling menyundul bola liar tertuju kepada rekan setimnya di timnas Inggris Sturridge, untuk dituntaskan menjadi gol kemenangan.

Masih ada waktu untuk satu kekhawatiran bagi Liverpool, di mana Mignolet menyentuh bola hasil pergerakan Schneiderlin menuju mistar gawang dan pemain debutan Southampton Shane Long - yang masuk sebagai pemain pengganti - menanduk bola pantul namun sundulannya melebar.

Manchester United mengawali musim baru dengan buruk pada Sabtu, ketika mereka kalah 1-2 dari Swansea City pada pertandingan kompetitif pertama pelatih baru Louis van Gaal.

Sementara itu, Arsenal memerlukan gol menjelang pertandingan usai dari Aaron Ramsey untuk menang 2-1 atas Crystal Palace.

Chelsea, yang finis di peringkat ketiga pada musim lalu, membuka musim dengan bertanding di markas tim promosi Burnley pada Senin.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014