Paris (ANTARA News) - AS Monaco menelan kekalahan kedua dari jumlah pertandingan yang sama pada musim ini, ketika Bordeaux bangkit dari tertinggal terlebih dahulu untuk mengalahkan klub kerajaan itu dengan skor 4-1 pada pertandingan Liga Prancis yang dilangsungkan Minggu.

Dimitar Berbatov membawa tim tamu unggul di Stade Chaban-Delmas sebelum turun minum, namun setelah kalah di kandang sendiri dari Lorient pada akhir pekan silam, pasukan Leonardo Jardim terpukul oleh kebangkitan brilian Bordeaux pada babak kedua, lapor AFP.

Dua gol dari penyerang Uruguay Diego Rolan dan penalti-penalti dari Emiliano Sala dan Wahbi Khazri membuat timnya meraih dua kemenangan dari dua pertandingan untuk Les Girondins, yang menguasai papan atas klasemen dengan peraihan enam angka maksimal setelah awal musim yang bagus di bawah kepemimpinan pelatih baru mereka Willy Sagnol.

Radamel Falcao kembali dibangkucadangkan pada awal pertandingan untuk Monaco, meski Jardim melakukan lima perubahan pada timnya, termasuk memainkan kembali Jeremy Toulalan di lini tengah.

Kiper Danijel Subasic mampu menahan tendangan bebas Khazri, namun Monaco dapat mencetak gol pada menit terakhir babak pertama ketika umpan silang dari sayap kanan Valere Germain dapat ditanduk penyerang Bulgaria Berbatov ke tiang jauh gawang.

Sagnol, yang bermain untuk tim Monaco terakhir yang memenangi gelar pada 2000, mengubah taktik timnya saat turun minum dan Bordeaux hanya memerlukan tiga menit untuk menyamakan kedudukan, di mana Rolan membelokkan bola ke dalam gawang setelah umpan silang Julien Faubert disundul melintasi gawang oleh mantan bek Bayern Munich Diego Contento.

Penyerang Argentina Sala, yang melakukan penampilan perdananya di Liga Prancis, kemudian mencetak gol dari titik penalti setelah Aymen Abdennour dianggap melanggar sesama pemain Tunisia Khazri di kotak terlarang.

Monaco memasukkan Falcao, namun mereka justru kembali kemasukan pada menit ke-65 ketika Rolan, yang berada dalam posisi offside, mengonversi peluang menjadi gol setelah Lamine Sane menyundul tendangan bebas.

Dan hal yang lebih buruk terjadi saat pertandingan tinggal menyisakan 15 menit, ketika Khazri mencetak gol dari titik penalti setelah Subasic melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti, ketika pertahanan Monaco digempur.


Saint Etienne Menang

Saint Etienne merupakan satu-satunya tim lain yang memenangi kedua pertandingan pembukaan mereka, setelah mereka juga bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Reims dengan skor 3-1 di Stade Geoffroy-Guichard.

Loic Perin membelokkan bola tembakan Benjamin Moukandjo, menuju gawangnya sendiri untuk membawa Reims - yang menahan imbang juara bertahan Paris Saint Germain pada pekan lalu - menutup babak pertama dengan keunggulan, namun Max-Alain Gradel, Kevin Monnet-Paquet, dan Mevlut Erding mampu mencetak gol untuk "Les Verts" pada babak kedua.

Bagaimanapun, seperti Jardim, pelatih baru Marseille Marcelo Bielsa memerlukan adaptasi terhadap tantangan di Liga Prancis.

Setelah Marseille menyia-nyiakan keunggulan dua gol untuk kemudian bermian imbang 3-3 di Bastia pada pekan lalu, pertandingan kandang pertamanya sebagai pelatih tim itu berakhir dengan cemoohan setelah mereka takluk 0-2 dari rival selatannya Montpellier, yang gol-golnya disumbangkan oleh Anthony Mounier dan Morgan Sanson.

Stade Velodrome yang merupakan kandang Marseille mengadakan pertandingan pertamanya sejak pekerjaan perbaikan di tribun utama selesai, melengkapi pekerjaan renovasi untuk Piala Eropa 2016, di mana Prancis akan bertindak selaku tuan rumah, dan pertandingan itu disaksikan lebih dari 50.000 penonton.

"Saya tidak puas. Satu angka dari (maksimal) enam angka menghadapi lawan-lawan yang diperkirakan finis pada paruh bawah bukan hasil yang sangat bagus," aku Bielsa, meski ia menambahi, "Saya pikir terdapat hal-hal berupa nilai pada pertandingan ini dibandingkan hal-hal yang perlu kami perbaiki."

Pada Sabtu, PSG mengalahkan SC Bastia dengan skor 2-0 melalui gol-gol Lucas dan Edinson Cavani, namun kemenangan mereka dibayang-bayangi cederanya Zlatan Ibrahimovic dan insiden setelah pertandingan di terowongan pemain, di mana penyerang Bastia asal Brazil Brandao menanduk Thiago Motta, yang membuat pemain PSG itu menderita patah tulang hidung.


Penerjemah: A Rauf Andar Adipati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014