Warga belum perlu panik tetapi tetap meningkatkan kewaspadaan
Pekalongan (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan aktivitas Gunung Slamet yang berada di perbatasan Kabupaten Pemalang dan Banyumas masih memuntahkan 52 kali lontaran material pijar dengan ketinggian sekitar 50 meter hingga 400 meter, Senin pagi.

"Selain itu, aktivitas Gunung Slamet juga mengeluarkan dua kali letusan abu berwarna kecokelatan dengan ketinggian sekitar 300 meter hingga 400 meter yang cenderung mengarah ke bagian barat," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Slamet PVMBG di Gambuhan, Sudrajat di Pemalang, Senin.

Menurut dia, secara visual, kondisi cuaca Gunung Slamet terang, angin tenang tetapi masih terdengar 85 kali suara gemuruh dan tujuh suara dentuman sedang-kuat.

"Adapun sifat kegempaan terjadi 46 kali letusan AM enam sampai 25 milimeter," katanya.

Ia mengatakan dengan kondisi aktivitas Gunung Slamet yang masih relatif meningkat maka status gunung terbesar di Jateng ini masih berstatus "Siaga".

"Meski demikian, masyarakat tidak perlu panik karena suara dentuman, kegempaan, dan letusan pijar belum sampai kepermukiman warga," katanya.

Ia mengatakan letusan lava pijar lebih condong mengarah ke bagian barat dengan jarak sekitar 1.500 meter dari puncak gunung, artinya kondisi itu masih jauh dari permukiman penduduk.

"Warga belum perlu panik tetapi tetap meningkatkan kewaspadaan. Aktivitas Gunung Slamet masih nerupakan kejadian alam yang bisa dinikmati. Hingga Senin sekitar pukul 10 WIB kondisi gunung masih cerah dan hanya menampakan asap kecokelatan," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014