Bandung (ANTARA News) - Polda Jawa Barat (Jabar) menggelar simulasi pengamanan menghadapi penetapan hasil sidang Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden di Mahkamah Konstitusi (MK), Senin.

Kabid Humas Polda Jabar, Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul, kepada wartawan di Bandung, mengatakan, Polda Jabar menggelar simulasi pengamanan di sejumlah jalan di Bandung, sebagai upaya memperketat jika terjadi pergerakan menuju Jakarta.

Ia mengatakan, kegiatan simulasi akan dilaksanakan pukul 11.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB tersebar di sembilan wilayah hukum Polres dan Polrestabes jajaran Polda Jabar.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut melibatkan 1.357 personel dari Polda Jabar dan 15.790 personel, mereka akan disebar di sejumlah titik jalan masuk arah Jakarta, seperti Cibiru perbatasan Kabupaten Bandung dengan Kota Bandung.

Polda Jabar akan terus melakukan upaya antisipasi menghadapi putusan Mahkamah Konstitusi, langkah awal menyekat sejumlah ruas jalan pengerahan massa ke Jakarta. Pihaknya minta maaf kepada masyarakat setempat karena perjalanan terganggu.

Martinus mengatakan, untuk wilayah hukum Polres Bandung, batas kota Cibiru, GT Cileunyi, Undespass Buahbatu, Underpass Mohammad Toha, dan Underpass Margahayu. Dilanjutkan Polres Cimahi, Jembatan Layang Cimindi, GT Baros, GT Padalarang, Jembatan Rajamandala, dan pertigaan Pasar Cikalongwetan.

Pewarta: Enjang Solihin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014