Kami tidak mencapai performa yang diharapkan...Itu yang menjadi hal yang penting. Karena kami tidak bermain sebagai tim
Manchester (ANTARA News) - Kekalahan tidak perlu ditangisi, tetapi dibuat tekad agar tidak melakukan hal yang sama di masa depan. Ini yang justru ditempuh pelatih sarat pengalaman Louis Van Gaal ketika menangani Manchester United (MU).

Van Gaal segera melakukan mawas diri lantaran, secara mengejutkan, MU kalah 1-2 dari Swansea City di laga perdana Premier League yang digelar di Old Trafford pada Sabtu (16/8).

Kekalahan itu demikian monumental, karena ini kekalahan pertama skuat Setan Merah di ajang Premier League sejak 42 tahun lalu.

United untuk kali pertama keok dalam laga perdana yang dimainkan di kandang sejak 1972/1973. Ini artinya, Van Gaal merupakan pelatih pertama yang membawa skuat asuhannya menelan kekalahan justru di Old Trafford pada laga pembuka sepanjang perjalanan Premier League atau sejak 1992/1993.

Van Gaal mengubah formasi andalannya 3-5-2 menjadi 4-4-1-1 di babak kedua, Perubahan ini justru membawa manfaat terbukti Rooney mampu mencetak satu gol.

Kekalahan dari Swansea ini lantas disebut-sebut bakal dijadikan evaluasi untuk laga berikutnya pada Minggu pekan depan.

"Kami tidak mencapai performa yang diharapkan," kata van Gaal kepada MUTV. "Itu yang menjadi hal yang penting. Karena kami tidak bermain sebagai tim."

"Biar bagaimanapun, kami punya peluang untuk meraih kemenangan. Kami begitu banyak memperoleh ruang di babak kedua. Kami tampil lebih menekan. Mereka mencetak satu gol dari dua kesempatan di babak kedua."

"Kekalahan ini jelas-jelas mengecewakan fans. Mereka menaruh asa karena kami dapat meraih kemenangan di setiap pertandingan di laga pra-musim. Kemudian kami kalah di laga perdana. Ini yang mengecewakan fans, para pelatih, dan saya. Kekalahan ini sangat buruk bagi kami."

"Kami telah menempuh sejumlah langkah, dan anda tentu saja harus belajar dari setiap langkah yang diambil. Kami bukan juara. Swansea juga bukan juara, meski mereka mengalahkan kami."

"Pada akhir musim, kita baru tahu tim yang menjadi juara, dan tim yang mampu mawas diri," kata Van Gaal sebagaimana dikutip dari laman Manchester United.  

 

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014