Peserta pawai berjumlah sekitar 100 orang dan 700 personil ditambah satuan dari wilayah berjaga di lokasi
Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya mengerahkan 700 personil guna mengamankan kegiatan "Pawai Budaya Kreatif" yang diikuti 34 provinsi di Indonesia.

"Peserta pawai berjumlah sekitar 100 orang dan 700 personil ditambah satuan dari wilayah berjaga di lokasi," kata Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Adi Cahyo di Jakarta Senin.

Adi mengatakan pihak kepolisian akan mendapatkan bantuan pengamanan dari unsur Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Petugas Polda Metro Jaya dan Paspampres akan memeriksa setiap pengunjung dan kendaraan peserta Pawai Budaya Kreatif.

Adi mengungkapkan pemeriksaan terhadap pengunjung merupakan langkah prosedur standar operasi guna mengantisipasi bawaan bahan peledak atau barang terlarang.

Selain mengerahkan petugas untuk pengamanan, aparat kepolisian menyiapkan strategi pengalihan arus kendaraan di sekitar Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

Petugas kepolisian merekayasa arus lalulintas di sekitar Patung Kuda, Kedutaan Besar Amerika Serikat dan perempatan Harmoni.

Polisi juga akan memberlakukan sistem buka tutup kendaraan yang melintasi kawasan tersebut dan jalan akan ditutup mulai pukul 15.00 WIB.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014