Jakarta (ANTARA NEWS) Microsoft akan merilis sistem operasi desktop terbaru yaitu 'Threshold'. 'Threshold' adalah nama baru untuk Windows 9 akan meluncur pada September mendatang.

'Threshold' yang bisa digunakan untuk perangkat tablet dan smartphone. Windows 9 akan mengusung sejumlah pembaruan untuk memudahkan pemakaian sistem operasi  pada perangkat yang tak memiliki touchscreen, demikian dilansir ZDnet , Senin.

Sebagian besar perubahan pada Windows 9 kemungkinan sengaja dibuat oleh Microsoft untuk menjawab kekecewaan sebagian pengguna yang merasa bahwa Windows 8 terlalu mengedepankan antarmuka layar sentuh.

Sejumlah fitur baru pada sistem operasi ini disebutkan mencakup Start Menu versi "mini", aplikasi "Metro" yang bisa berjalan di lingkungan desktop dan terbalut dalam "window", dan teknologi personal assistant Cortana.

Versi "Technology preview" dari Windows 9 bisa dicoba untuk publik dan siapapun bisa menggunakan. Kemudian pengguna Windows 9 versi Technology Peview harus mengunduh update bulanan yang akan disalurkan secara otomatis oleh Microsoft.

Versi final dari sistem operasi ini baru akan dirilis pada 2015 mendatang.

Penerjemah: Intan Umbari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014