... turut berperan sebagai media pemersatu rakyat Indonesia di Tanah Air maupun yang tersebar di seluruh penjuru dunia... "
Jakarta (ANTARA News) - Kemarin bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 dengan warna Merah Putih berkibar di seluruh penjuru Tanah Air dan di Twitter juga.

Diterima www.antara.news.com, di Jakarta, Senin, masyarakat mengibarkan bendera Merah Putih di depan rumah masing-masing untuk merayakan peringatan hari kemerdekaan, sementara  gedung perkantoran dan sekolah juga turut menghias diri dengan spanduk dan bendera Merah Putih.

Hari Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

Twitter, dalam skala luas, turut berperan sebagai media pemersatu rakyat Indonesia di Tanah Air maupun yang tersebar di seluruh penjuru dunia terutama dalam memperingati hari yang bersejarah ini.

Presiden Susilo Yudhoyono (@SBYudhoyono) dan Presiden terpilih Joko Widodo (@jokowi_do2) turut menyatakan harapan mereka untuk bangsa Indonesia pada peringatan 17 Agustus kali ini melalui Twitter.

Bahkan CEO Twitter, Dick Costolo (@dickc), juga turut mengucapkan selamat ulang tahun untuk Indonesia.

Dengan lebih dari 1,2 juta tweet mengenai hari kemerdekaan tahun ini, pengguna Twitter dari Indonesia men-tweet Merdeka, Dirgahayu Indonesia serta Happy Independence Day serta  mencapai puncak dari pukul 10.00-11.00 WIB, 17 Agustus 2014, dengan 107.000 tweets selama pidato presiden dan akhir pengibaran bendera Merah Putih, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. 

Enam dari sepuluh Trending Topic Twitter di Indonesia berhubungan dengan Hari Kemerdekaan. Tweet dari Presiden Susilo Yudhoyono (@SBYudhoyono) merupakan tweet terkait 17 Agustus yang paling banyak di share dari Indonesia kemarin yang telah di re-tweet hampir 10.000 kali.

Tweet terkait hari kemerdekaan yang paling banyak di sebutkan yakni:
 1. merdeka
 2. indonesia 69
 3. Dirgahayu Indonesia
 4. Kemerdekaan
 5. Happy Independence Day
 6. Indonesia Merdeka
 7. 17 augustus
 8. HUT RI 69
 9. #HBDIndonesia
10. Merah Putih
 
Sementara hashtags terpopuler pada Twitter terkait hari kemerdekaan:
1. #HBDIndonesia
2. #merdeka
3. #HUTRI69
4. #indonesia69
5. #17Agustus
 
 

Pewarta: Anita P Dewi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014