Melalui kolaborasi dan keterlibatan banyak pihak tersebut, diharapkan program cinta kampus ini juga bisa menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan hidup...
Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) mengajak lebih dari 3.000 mahasiswa untuk melakukan aksi nyata di lingkungan sekitar kampus dengan tujuan menumbuhkan kecintaan mahasiswa terhadap lingkungan sekitar.

Kepala Subdirektorat Olahraga dan Seni, Direktorat Kemahasiswaan UI, Albert Roring, di Depok, Selasa mengatakan program ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan yang kemudian membangkitkan kecintaan kepada sesama.

"Melalui kolaborasi dan keterlibatan banyak pihak tersebut, diharapkan program cinta kampus ini juga bisa menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan hidup Universitas Indonesia," katanya.

Melalui semangat berkontribusi untuk Indonesia, Program Cinta Kampus ini diharapkan dapat menjadi sarana yang tepat untuk membangun kecintaan kepada lingkungan.

Kegiatan yang berlangsung pada 19-20 Agustus 2014, ribuan mahasiswa baru tersebut akan dibagi ke beberapa lokasi untuk membersihkan danau-danau di lingkungan UI dan Sungai Ciliwung. Ada empat danau di UI yang menjadi sasaran program ini, yaitu Danau Mahoni, Puspa, Ulin, dan Salam.

Sementara itu, kegiatan di Sungai Ciliwung akan dimulai dari ruas Jalan Akses UI. Dengan menaiki 13 perahu karet dari Kopassus, sejumlah mahasiswa UI akan beriringan membersihkan sampah yang ada di sungai. Sebagian lainnya akan berjalan kaki di tepi Sungai Ciliwung.

Sampah yang dikumpulkan, baik yang bersumber dari danau di UI dan Sungai Ciliwung nantinya akan diserahkan ke pengolahan sampah yang dimiliki oleh Kopassus.

Dalam program ini, Direktorat Kemahasiswaan UI turut melibatkan berbagai pihak, antara lain Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UI, serta BEM UI.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014