Rejanglebong (ANTARA News) - Perkembangan harga jual karet di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, beberapa pekan belakangan mengalami penurunan drastis.

"Harga karet di sini mengalami penurunan yang cukup signifikan terhitung sejak lebaran Idul Fitri lalu. Untuk karet harian saat ini hanya Rp2.500 per kg, sedangkan untuk karet bulanan Rp4.000 per kg," kata Sudianto (35) salah seorang pedagang pengepul karet di Kecamatan Kota Padang, Selasa.

Turunnya karet ditingkatan petani di daerah tersebut, kata dia, karena harga pembelian oleh toke karet di gudang penampungan juga turun seiring dengan melemahnya harga karet di pasaran dunia.

Sebelumnya harga karet ditingkatan petani di Kecamatan Kota Padang dan sekitarnya. Untuk karet harian masih bertahan di kisaran Rp4.500 sampai Rp5.000 per kg, dan untuk karet bulanan berkisar Rp6.000 sampai Rp7.500 per kg.

Selain terjadi penurunan harga, saat ini produksi karet petani juga mengalami penurunan karena sedang musim hujan sehingga banyak petani yang tidak bisa menyadap getah karet di kebun mereka.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014