Jakarta (ANTARA News) - "Expendables 3" meraih 15,9 juta dolar AS atau kurang sedikit dari perkiraan semula 16,2 juta dolar AS, akibat pembajakan online atas film ini.

"Expendables 3" tak berubah posisinya di top 10 Box Office Amerika Utara dengan menempati urutan empat di bawah tiga besar "Teenage Mutant Ninja Turtles", "Guardians of the Galaxy" dan komedi "Let's Be Cops".

"The Giver" yang dibintangi Jeff Bridges, Meryl Streep dan Brenton Thwaites, juga berada di bawah perkiraan pada penayangan perdananya dengan dibuka pada 12,3 juta dolar AS padahal sebelumnya diperkirakan akan mengeduk 12,8 juta dolar AS. Film ini berada di posisi 5.

"Expendables 3" jelas korban pembajakan di mana kopi film ini di internet telah dilihat lebih dari 5 juta kali sehingga studionya, Lionsgate, mengajukan gugatan hukum.

Franchise "Expendables" dibintangi Sylvester Stallone dan Avi Lerner serta diproduksi Nu Image/Millennium dan Lionsgate.

Secara keseluruhan film ini menghabiskan biaya 90 juta dolar AS. "Expendables 2" mendapat pemasukan 220,4 juta dolar AS dari seluruh dunia, sedangkan dari Amerika Utara 85 juta dolar AS.

"Expendables 3" ingin mengikuti sukses sekuel keduanya itu namun tersendat di penayangan pembukanya termasuk di Rusia yang hanya meraih 3,8 juta dolar AS padahal di negeri ini "Expendables 2" mengeduk 8 juta dolar AS.

Di seluruh dunia sekuel ketiga ini hanya menghasilan pemasukan kotor 15 juta dolar AS, gara-gara pembajakan yang telah merugikan industri film, demikian Hollywood Repoter.

Pada sekuel ketiga ini, Barney (Stallone), Christmas (Jason Statham) dan anggota tim lain berperang melawan si jahat Conrad Stonebanks (Mel Gibson).

Film ini juga dibintangi Harrison Ford, Kellan Lutz, Ronda Rousey, Randy Couture, Antonio Banderas, Jet Li, Wesley Snipes, Dolph Lundgren, Kelsey Grammer, Terry Crews, Glen Powell, Victor Ortiz dan Robert Davi.

Berikut adalah 10 teratas akhir pekan 15-17 Agustus di Amerika Utara:

1. Teenage Mutant Ninja Turtles, 28,5 juta dolar AS
2. Guardians of the Galaxy, 25,1 juta dolar AS
3. Let's Be Cops, 17,8 juta dolar AS
4. The Expendables 3, 15,9 juta dolar AS
5. The Giver, 12,3 juta dolar AS
6. Into the Storm, 7,9 juta dolar AS
7. The Hundred-Foot Journey, 7,2 juta dolar AS
8. Lucy, 5,5 juta dolar AS
9. Step Up All In, 2,7 juta dolar AS
10. Hercules, 2,1 juta dolar AS



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014