Milan (ANTARA News) - Max Verstappen (16) akan menjadi pebalap termuda sepanjang sejarah Formula 1 pada musim depan setelah ia diperkenalkan sebagai rekrutan baru Toro Roso.

Anak mantan pebalap F1 Jos Verstappen itu akan bermitra dengan Daniil Kvyat pada tim pengumpan (feeder) Red Bull.

"Sejak saya berusia tujuh tahun, Formula 1 telah menjadi tujuan karier saya, maka kesempatan ini sungguh merupakan impian yang menjadi kenyataan," kata remaja Belanda itu di situs resmi tim.

Verstappen, yang akan berusia 17 tahun bulan depan, akan melampaui rekor usia yang saat ini dipegang oleh pebalap Spanyol Jaime Alguersuari, yang berusia 19 tahun 125 hari ketika ia melakukan debutnya pada 1990.

Ia memenangi kejuaraan gokart tahun lalu dan berada di podium tertinggi dalam delapan dari 27 balapan sejak lulus dari Formula 3.  

"Kami semua bekerja sangat keras untuk mencapai Formula 1 dan saya akan memberikan yang terbaik untuk bisa sukses di puncak olahraga otomotif," katanya lalu berterima kasih pada dukungan sang ayah.

"Dengan kembalinya nama Verstappen ke Formula 1, saya berharap kami dapat menghidupkan kembali kenangan-kenangan lama dan saya berharap dapat melihat banyak penggemar di semua sirkuit Grand Prix."

Verstappen mengikuti jejak juara dunia empat kali Sebastian Vettel, dan rekan setimnya di Red Bull Daniel Ricciardo, yang juga merupakan anggota Tim Junior Red Bull.

Pemimpin tim Toro Roso Franz Tost mengatakan bahwa meski masih muda, Verstappen merupakan pebalap dengan level kemampuan dan kematangan yang mengindikasikan ia mampu bersaing di Formula 1.

"Kami menganggap Max sebagai salah satu pebalap muda dengan kemampuan terbaik dari generasi baru, dan kami percaya ia memiliki kematangan dan kekuatan mental untuk menghadapi tantangan ini," katanya seperti dilansir kantor berita AFP. (H-RF)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014