Jakarta (ANTARA News) - Proses penyelesaian pembuatan dokumen haji seperti paspor dan visa haji kini sudah mendekati 99 persen, sedangkan masa pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sebanyak 340 orang diharapkan empat hari ke depan (22/8) sudah selesai.

Sisa kuota haji masih 340 orang, diharapkan bisa selesai empat hari lagi, kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori di Jakarta, Selasa.

Pembuatan paspor dari seluruh Indonesia sudah selesai 99 persen. Sementara yang sudah melunasi BPIH bagi haji reguler tercatat sebanyak 154.860 orang. Ahda berharap paspor yang sudah selesai diproses pihak Imigrasi tersebut segera dikirim ke Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) secepatnya.

Hal itu dimaksudkan untuk mempercepat proses pembuatan visa haji. Sampai kini pihak Ditjen PHU sudah mengajukan pembuatan visa sebanyak 135.411 orang dan yang sudah selesai visanya mencapai 135.411 orang.

"Saya mengapresiasi pihak Kedutaan Besar Saudi, karena dalam sehari mampu menyelesaikan pembuatan visa 10.400 orang. Sebelumnya, maksimal 6.000," kata Ahda.

Ahda berharap empat hari ke depan, setelah seluruh jemaah haji melunasi BPIH segera disusul penyelesaian pembuatan visa. "Dalam beberapa hari terakhir, tim pembuatan dokumen haji memang kerja all out," ia menjelaskan. 

Pewarta: Edy Supriatna Sjafei
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014