Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani tidak menampik namanya disebut-sebut akan disiapkan partainya untuk menduduki kursi ketua DPR RI periode 2014-2019.

"Alhamdulillah, kalau nama saya disebut-sebut akan disiapkan untuk mengisi posisi itu," kata Puan Maharani di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Puan Maharani mengatakan hal itu menjawab pertanyaan wartawan yang mengkonfirmasi pernyataan politisi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari.

Menurut Puan Maharani, hal itu baru sekadar wacana karena belum ada keputusan dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan perihal nama-nama yang akan diusulkan untuk menjadi pimpinan DPR RI dan MPR RI.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini menegaskan, saat ini PDI Perjuangan sedang fokus memperjuangkan gugatan uji materi terhadap UU No 17 tahun 2004 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD) ke Mahkamah Konstitusi.

Pada revisi UU No 27 tahun 2009 menjadi UU N0 17 tahun 2014 tentang MD 3 itu, mengubah komposisi pimpinan DPR RI dari secara proporsional menjadi dipilih oleh anggota DPR RI.

Perihal wacana calon ketua DPR RI, menurut Puan, dirinya sering berdiskusi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Kami belum berbicara mengenai hal itu. Bagi saya, yang utama kita kembalikan dulu hak pemenang pemilu di DPR RI," katanya.

Ia menjelaskan, jika gugatan PDI Perjuangan dikabulkan MK dan kader PDI Perjuangan memimpin DPR RI, maka tanggung jawabnya akan menjadi lebih besar yakni menjadi pemimpin di eksekutif dan legislatif.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014