Madrid (ANTARA News) - Hanya tiga bulan setelah mematahkan genggaman Barcelona dan Real Madrid pada gelar Liga Spanyol, pelatih Atletico Madrid Diego Simeone menepis asumsi bahwa kesuksesan ajaib mereka menjadi juara liga 2013/2014 dapat kembali terulang.

"Kami harus berusaha untuk bersaing dengan Sevilla, Valencia, dan Anthletic Bilbao untuk posisi-posisi Liga Champions," klaimnya pada Senin (Selasa WIB) menjelang pertandingan pertama Piala Super Spanyol antara timnya melawan Real pada Selasa.

"Dengan 95 juta euro kami merekrut sembilan pemain, Real Madrid mendatangkan dua pemain dengan biaya 95 juta euro. Itulah bedanya."

Perbedaan besar lain terhadap kesuksesan itu juga disebabkan karena Atletico kesulitan mempertahankan pemain-pemain terbaiknya. Pencetak gol terbanyak Diego Costa dan Filipe Luis telah bergabung dengan Thibaut Courtois yang kembali ke klub pemiliknya, Chelsea, setelah tiga tahun dipinjamkan ke ibukota Spanyol.

Uang itu diinvestasikan ulang dengan mendatangkan trio pemain depan Antoine Griezmann, Mario Mandzukic, dan Raul Jimenez. Namun mereka cukup berhasil mempertahankan pemain-pemain utama seperti Koke, Diego Godin, dan Miranda meski terdapat ketertarikan dari Barca dan Bayern Munich.

Kontras dengan hal itu, Real telah menghabiskan 100 juta euro di tim yang telah menjuarai Liga Champions dan Piala Raja pada musim lalu tanpa harus melakukan penjualan-penjualan signifikan, meski Angel di Maria berpeluang hengkang sebelum bursa transfer ditutup.

Lini tengah mereka telah diperkuat pemain yang membawa Jerman menjuarai Piala Dunia, Toni Kroos, dan pencetak gol terbanyak di turnamen empat tahunan itu, James Rodriguez. Sedangkan kiper Kosta Rika akan bersaing dengan Iker Casillas untuk memperebutkan satu tempat di bawah mistar gawang.

"Saya pikir kami memiliki tim yang lebih baik daripada musim lalu karena kami telah merekrut tiga pemain yang menambah kualitas terhadap tim," kata pelatih Real Carlo Ancelotti pada Senin.

Dari ketiga kandidat juara, Barcelona yang melakukan perubahan paling signifikan ketika mereka ingin bangkit dari kegagalan mengakhiri musim tanpa raihan satu trofi pun, yang merupakan pertama kalinya dalam enam tahun.

Perubahan pertama di Camp Nou sepanjang musim panas adalah posisi pelatih kini diduduki mantan kapten Luis Enrique yang menggantikan Gerardo Martino, dengan harapan ia dapat memberi dampak yang sama seperti mantan rekan setimnya Pep Guardiola.

Dengan dua transaksi bursa transfer yang untuk sementara diskors, Barca juga sangat aktif di bursa pemain dengan mendatangkan penyerang kontroversial asal Uruguay Luis Suarez, yang menduduki posisi teratas dalam belanja sebesar 150 juta euro mereka.

Suarez belum akan dapat dimainkan sampai akhir Oktober setelah bandingnya terhadap hukuman empat bulan karena menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia ditolak oleh Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga pada pekan lalu.

Bagaimanapun, ia dapat kembali untuk bermain pada El Clasico pertama antara Real dan Barca di Santiago Bernabeu, di mana pertandingan itu dijadwalkan akan dimainkan pada Minggu 26 Oktober.

Tugas utama Enrique adalah menemukan perpaduan yang tepat dari Suarez, Lionel Messi, dan Neymar ketika ketiga pemain itu mengakhiri Piala Dunia dengan kekecewaan.

Untuk semua talenta serangan mereka, pertanyaan-pertanyaan masih akan tertuju pada pertahanan Barcelona meski mereka telah mengeluarkan dana besar untuk merekrut Jeremy Mathieu dari Valencia dan kapten Arsenal Thomas Vermaelen.

Kiper Raul Bravo dan Marc-Andre Ter Stegen juga akan berjuang untuk menggantikan Victor Valdes yang hengkang sebagai pilihan pertama di bawah mistar gawang setelah masing-masing kiper itu didatangkan dengan transfer 12 juta euro.

Di luar tiga besar, juara Liga Europa Sevilla telah melakukan langkah-langkah paling signifikan dalam upayanya kembali ke Liga Champions ketika mereka mendatangkan pemain pinjaman dari Barca Gerrard Deulofeu, pemain internasional Argentina Ever Banega, dan buangan Liverpool Iago Aspas.

Valencia semestinya kembali diperhitungkang untuk masuk ke empat besar setelah pengusaha Singapura Peter Lim akhirnya menyelesaikan proses pengambil alihannya terhadap klub itu, di mana penyerang internasional Spanyol Rodrigo merupakan rekrutan nama besar mereka pada musim panas.

Sementara itu, dua klub Basque Athletic Bilbao dan Real Sociedad tetap berambisi untuk tampil di Liga Champions, meski mereka kehilangan Ander Herrera dan Griezmann yang pindah ke Manchester United dan Atletico, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014