Surabaya (ANTARA News) - Kesebelasan Persebaya Surabaya memastikan satu tiket babak delapan besar Indonesia Super League setelah mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 3-0 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa malam.

Tambahan tiga angka membawa "Bajul Ijo" memimpin klasemen sementara Grup 2 (wilayah timur) dengan nilai 36, menggusur Persipura Jayapura yang terpaut satu poin, dengan kedua tim sama-sama menyisakan tiga pertandingan.

Kemenangan ini juga sekaligus menjadi pembalasan setimpal Persebaya kepada Persela, yang pada laga putaran pertama di Lamongan takluk dengan skor 0-3.

Penyerang asal Kamerun, Emmanuel Kenmogne, menjadi bintang pada laga ini dengan memborong tiga gol masing-masing menit ke-35, 41 dan 71.

Pemain yang akrab disapa "Pacho" itu pun makin mengukuhkan diri sebagai penyerang tersubur di kompetisi ISL musim ini dengan telah mengoleksi 20 gol.

"Anak-anak terbawa tempo permainan lawan pada babak pertama, sehingga kesulitan mengembangkan permainan. Tapi, setelah mencetak gol, permainan lebih berkembang," kata pelatih Persebaya, Rahmad Darmawan, setelah pertandingan usai.

Pada babak kedua, lanjut Rahmad, anak-anak asuhnya memiliki sejumlah peluang bagus untuk memperbesar keunggulan setelah mencetak tiga gol dan Persela lebih banyak bertahan.

Sementara itu, pelatih Persela Lamongan Eduard Tjong mengakui timnya memang berusaha bermain sedikit bertahan dengan lebih dulu menunggu lawan melakukan serangan, tapi sedikit kelengahan mengakibatkan timnya kecolongan gol.

"Pemain kurang berani menyerang ketika mendapat kesempatan menguasai bola dan terlalu sering kehilangan fokus. Tadi ada kesempatan membuat gol lewat Feri Ariawan, tapi bola masih membentur mistar," ujarnya.

Kendati kalah, Edu mengatakan peluang timnya untuk menembus babak delapan besar masih terbuka dan akan memaksimalkan tiga laga tersisa untuk menambah poin.

Susunan pemain:
- Persebaya: Jendry Pitoy (pg), Hasim Kipuw, Ricardo Salampessy, OK John, Manahati Lestusen, M Ilham/Novri Setiawan, Alfin Tuassalamony/Ambrizal, Dedi Kusnandar/Vava Mario Yagalo, Issac Pupo, Greg Nwokolo, Emmanuel Kenmogne

- Persela: Khoirul Huda, Dodok Anang, Roman Golian, Burhanudin, Edi Gunawan, Jusmadi, Danu Rosade, Arif Ariyanto, Feri Ariawan/Zaenal Arifin, Srdjan Lopicic, Bijahil Calwa/Catur Pamungkas.

(D010/E011)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014