Barcelona (ANTARA News) - Penyerang Barcelona Luis Suarez mengatakan dirinya mendapat pertolongan profesional setelah menerima skors empat bulan karena menggigit pemain lawan untuk ketiga kalinya sepanjang kariernya, ketika ia berseteru dengan bek Italia Giorgio Chiellini di Piala Dunia.

Suarez melakukan debutnya untuk tim Katalan itu saat mereka menang 6-0 atas klub Meksiko Leon pada pertandingan persahabatan yang dimainkan pada Senin, namun ia tidak akan dapat memainkan pertandingan kompetitif untuk Barca sampai akhir Oktober setelah bandingnya ditolak Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga pekan lalu.

"Skors merupakan (hukuman) itu sendiri dan saya harus menerimanya, itu adalah masalah pribadi namun saya telah bekerja dengan profesional-profesional yang memadai."

"Saya telah berusaha untuk melupakan pertandingan dan situasi itu. Itu merupakan momen yang sulit bagi saya dan saya akan berkata kepada semua penggemar untuk tidak khawatir karena saya tidak akan melakukannya lagi."

Suarez diyakini telah menjadi incaran jangka panjang bagi rival abadi Barca, Real Madrid. Bagaimanapun, wakil direktur olahraga Barca Jordi Mestre berkata bahwa hasrat sang pemain untuk datang ke Katalan telah membuat klub mau menegosiasikan harga transfer senilai 81 juta euro dengan Liverpool, lebih rendah 10 juta euro (65 juta pound) dari klausa pelepasan sang pemain yang mencapai 75 juta pound.

"Terdapat opsi-opsi untuk tim-tim lain, namun ketika opsi Barca menjadi jelas, saya tidak memiliki keraguan apapun sebab itu merupakan mimpi bagi saya," tambah Suarez.

"Saya masih belum bisa mempercayainya. Ini adalah sesuatu yang saya impikan namun saya tidak pernah membayangkan mimpi yang indah akan terwujud."

Suarez bahkan dapat melakukan debut pertandingan kompetitifnya saat melawan Real, yang akan menjadi pertandingan El Clasico pertama musim ini pada Sabtu 25 Oktober atau sehari kemudian, dan ia bertekad memastikan bahwa ia sebugar mungkin ketika pertandingan itu dimainkan, seandainya pelatih Luis Enrique memintanya untuk tampil.

"Ini tidak sama namun saya memiliki situasi serupa pada tahun lalu di Liverpool, saya mulai bermain pada 20 September. Itu adalah jangka waktu yang panjang namun jika Anda tetap fokus dengan rekan-rekan setim pada latihan, hal itu (akan) membantu."

Barcelona telah memiliki banyak talenta luar biasa untuk area serangan, di mana mereka memiliki peraih Penghargaan Terbaik Dunia sebanyak empat kali Lionel Messi dan bintang Brazil Neymar, sehingga Suarez kemungkinan didorong untuk berperan di sektor kanan serangan.

Bagaimanapun, ia menegaskan bahwa dirinya tidak akan berupaya mengulangi duetnya dengan Daniel Sturridge pada tahun lalu untuk membangun kerja sama mematikan, yang nyaris membuat Liverpool meraih gelar Liga Utama Inggris pertamanya dalam 24 tahun.

"Saya siap untuk bermain di semua posisi di serangan. Tahun lalu ini saya bermain di kiri dan di kanan sebab Sturridge bermain sebagai (pemain) nomor sembilan. Saya tidak memiliki masalah bermain di posisi manapun dan mengadaptasikan diri untuk apa yang diminta sang pelatih."

"Kualitas Leo dan Ney begitu mengagumkan, mereka merupakan pemain-pemain yang Anda kagumi. Kemarin saya memperhatikan mereka pada babak pertama, dan mereka membuat Anda ingin berhenti dan bersorak," demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014