Oslo (ANTARA News) - Pada usia baru 15 tahun, Martin Odegaard, gelandang berbakat yang bermain untuk Stromgodset, telah mendapat panggilan untuk memperkuat tim nasional Norwegia.

Pelatih Norwegia Per-Mathias Hogmo pada Selasa memasukkan Odegaard dalam tim untuk pertandingan persahabatan melawan Uni Emirat Arab yang akan dimainkan di kota barat daya Stavanger pada 27 Agustus, dengan menyebut pemain muda itu sebagai "komet."

Lahir pada 17 Desember 1998, Odegaard akan baru berusia 15 tahun 253 hari saat pertandingan itu diselenggarakan.

"Ia bermain begitu baik dalam sejumlah pertandingan liga, sehingga saya ingin melihatnya di tim nasional," kata Hogmo dalam pernyataannya.

"Saya telah katakan sebelum musim (dimulai) bahwa ia akan menjadi komet pada musim ini dan ia dapat menjadi pemain termuda sepanjang sejarah tim nasional."

"Saya tidak terkejut ia tampil begitu baik sampai sekarang. Sekarang saya tidak sabar untuk melihatnya bermain," tambah sang pelatih.

Odegaard menembus tim inti klub juara Norwegia Stromsgodset pada April, dan telah mencetak tiga gol serta memberikan enam assist dalam 14 penampilannya.

Penampilan itu membuat dirinya menjadi sensasi di sosial media dan, tidak mengejutkan, menarik ketertarikan di antara sejumlah klub terbesar Eropa.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," kata Odegaard, sambil menambahi bahwa dirinya "sedikit terkejut" ketika mendengar kabar itu.

Sejumlah komentator di Norwegia mengatakan Odegaard terlalu muda untuk dipanggil masuk timnas, namun ayahnya tidak setuju.

"Jika Anda cukup bagus, maka Anda cukup tua," tegas Hans Erik Odegaard, yang juga merupakan mantan pemain Stromsgodset, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014