Jakarta (ANTARA News) - Lebih dari 200 buah komik hasil karya peserta bersaing menjadi yang terbaik pada Kompetisi Komik Indonesia (KKI) 2014.

Ke-200 buah karya ini akan diseleksi menjadi 75 buah karya terbaik sampai menjadi 30 karya untuk dinilai dewan juri yang terdiri dari Dr. Iwan Gunawan, Gupta Mahendra, Sunny Gho, dan Chris Lie.

Keterangan pers yang diterima ANTARA News, Rabu, menyebutkan dari 30 ini akan dipilih 16 karya terbaik yang biasa disebut nominator Kompetisi Komik Indonesia.

Pada KKI 2014 ini, penyelenggara mengambil tema "Perjalanan" yang mencakup makna lebih luas dari sekadar perjalanan wisata, namun lebih pada penggambaran proses dan pengalaman-pengalaman yang ditangkap ketika proses itu terjadi.

Kompetisi Komik Indonesia 2014 mempunyai 2 kategori, yaitu kategori berwarna dan hitam putih dengan batas umur peserta 14-40 tahun.

Penyelenggara berharap KKI menjadi barometer perkembangan komik tanah air.

KKI 2014 adalah salah satu program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang disesuaikan dengan arahan Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Media oleh Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain, dan Iptek (Ditjen EKMDI).

KKI diselenggarakan agar dapat bermanfaat tidak hanya bagi komikus atau masyarakat umum, tetapi juga bagi pemerintah, pelaku usaha, dan kaum intelektual.

Sejak pertama kali diadakan pada 2012, Kompetisi Komik Indonesia sudah menghasilkan 32 nominasi komik terbaik Indonesia, dengan 6 golden winner dan 6 silver winner, dan kualitas karya yang sangat baik.






Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014