Roma (ANTARA News) - Dua jet Tornado dari Angkatan Udara Italia bertabrakkan di udara dan jatuh di perbukitan yang ditumbuhi pohon, saat melakukan misi latihan di Italia Tengah, kata pemerintah lokal seperti dikutip Xinhua.

Kecelakaan itu terjadi di dekat kota kecil Ascoli Piceno di Wilayah Marche, sehingga menimbulkan kebakaran luas di daerah perbukitan yang ditumbuhi pepohonan. Tak ada laporan korban cedera di darat.

Kedua pilot dan dua navigator pesawat dilaporkan hilang setelah melontarkan diri sebelum mereka jatuh, kata Angkatan Udara Italia.

"Kami sedang memeriksa dinamika kecelakaan tersebut," kata juru bicara Angkatan udara kepada stasiun televisi Sky, sebagaimana dikutip Xinhua. "Kami memperoleh konfirmasi mengenai sinyal radio yang mengaktifkan pelontaran kursi."

Beberapa pesawat dan tim SAR sedang memeriksa daerah luas di sekitar lokasi kecelakaan. Mereka menemukan parasut hari itu tapi tak ada jejak keempat personel Angkatan Udara tersebut.

Kedua jet itu datang dari Pangkalan udara Ghedi di Italia Utara. Mereka sedang terbang rendah, kata beberapa saksi mata, dan semestinya kembali ke pangkalan tersebut setelah misi latihan.

Beberapa saksi mata yang dikutip harian Republica mengaku melihat kedua jet itu "bersentuhan" di tengah udara, lalu salah satunya terbakar dan keduanya jatuh.

Suara tabrakan terdengar sampai jarak 25 kilometer, sementara pecahan dan puing pesawat digambarkan warga setempat "seperti potongan kertas" yang jatuh.

(C003)




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014