Toronto (ANTARA News) - Festival film internasional Toronto akan menampilkan sejumlah bintang favorit Hollywood sepeti aktor Robert Downey Jr dan Al Pacino dalam pembukaannya bulan depan.

Festival yang dianggap sebagai pembuka Oscar ini akan menampilkan 285 film yang 143 di antaranya film perdana diputar. Festival ini meluncurkan daftar tamu dan program acara Selasa waktu setempat.

Downey akan datang sebagai pemeran utama film arahan sutradara David Dobkin, "The Judge". Film ini menjadi salah satu film pembuka pada malam pembukaan acara tersebut.

Downey memerankan pengacara kota besar yang kembali ke rumah ketika ayahnya yang seorang hakim kota kecil (diperankan Robert Duvall) dituduh melakukan pembunuhan.

"The Humbling" juga berada dalam daftar film pembuka festival ini. Diadaptasi dari novel Philip Roth, film ini dibintangi Al Pacino sebagai aktor tua yang menjalin hubungan dengan wanita yang jauh lebih muda.

Noah Baumbach, Alan Rickman dan Chris Rock akan meluncurkan karya mereka pada festival film ini.

Film "While We're Young" besutan Baumbach yang dibintangi Ben Stiller dan Naomi Watts mengisahkan pasangan setengah baya yang hidupnya terganggu ketika pasangan muda memasuki hidup mereka.

Aktor sekaligus sutradara, Rickman, akan menyajikan drama sejarah "A Little Chaos", sedangkan komedian  Rock akan menghadirkan "Top Five" yang dia tulis, sutradarai, dan sekaligus dia bintangi itu.

Diadakan pertama kali pada 1976, Festival Film Toronto menduduki peringkat teratas di antara festival film dunia dan sering berfungsi sebagai landasan untuk film internasional di Amerika Utara.

Festival ini sebelumnya menampilkan film-film hits seperti "Slumdog Millionaire" dan "The King Pidato," yang keduanya menjadi Film Terbaik Oscar.

Festival film ini akan berlangsung mulai 4 Sepetember sampai 14 September, demikian Reuters.







Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014