Saya tidak takut melawan Lille, meski saya harus tetap punya keyakinan. Kami menaruh hormat kepada mereka meski kami juga tidak takut ketika melawan mereka
Lille (ANTARA News) - Lille tidak ingin buang-buang kesempatan ketika berlaga di ajang Liga Champions. Ini kali ketiga skuat dari Liga Prancis (Ligue 1) itu tampil fase kualifikasi perhelatan sepak bola di Benua Biru sebagai langkah untuk mengukir paripurnanya sebuah prestasi dengan mengoleksi kemenangan demi kemenangan.

Lille bakal menggenjot semangat habis-habisan karena mendapat dukungan dari penonton tuan rumah.

Skuat asuhan pelatih Rene Girard itu akan berlaga dalam leg pertama babak play-off Liga Champions menghadapi FC Porto yang digelar di Stadium Nord Lille Métropole, Villeneuve d'Ascq, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan oleh SCTV.

Lille membuka tirai kesempatan melenggang ke kompetisi di Eropa itu dengan lebih dulu meraih kemenangan di ajang domestik. Lille pernah dua musim beruntun masuk ke atmosfer Liga Champions pada musim 2011/12 dan 2012/13, sebelum akhirnya kandas.

Sebelum menantang Porto, Lille belum menuai kekalahan di Ligue 1, mesti meraih hasil imbang 0-0 ketika menghadapi FC Metz di pekan pertama dan menggondol kemenangan 1-0 atas SM Caen di pekan kedua. Lille  juga hanya mengalami satu kekalahan dari 12 laga kandang yang digelar di seluruh kompetisi.

Sementara itu, Porto belakangan ini diterpa kisruh keuangan. Ujung-ujungnya mereka harus menjual sejumlah pemain berbakat ke klub lain.

Selain itu, kubu Porto berjuang agar tidak terlempar dari halaman depan kancah sepak bola Portugal. Benfica menjadi pesaing berat mereka, dan sekarang ini skuat asuhan pelaltih Julen Lopetegui itu melenggang masuk ke gerbang babak kualifikasi Liga Champions.

De facto, ini kali pertama Porto mampu lolos ke babak kualifikasi sejak musim 2001/02. Tantangan yang dihadapi dan digeluti Porto salah satunya membentuk tim yang kokoh baik di lini pertahanan maupun di lini depan.

Musim lalu, Porto terdepak di babak penyisihan grup. Mereka langsung melakukan bangkit dan melakukan konsolidasi.
 
Komentar dua pelatih:

* Rene Girard (Lille):
"Mencetak gol ketika berlaga di kandang sungguh sangat penting. Kami akan tampil sebaik mungkin untuk mengalahkah lawan."

"Saya kira Porto bakal berusaha sekuat tenaga untuk meraih kemenangan. Mereka menjadi salah satu skuat terbaik di Eropa. Mereka mampu mengubah susunan pemain dari tahun ke tahun. Mereka tampil sebagai tim yang dihuni oleh sejumlah pemain muda berbakat."

"Pertandingan ini diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan. Penting juga menggarisbawahi bahwa kami mampu lolos dari babak kualifikasi, dengan begitu kami mampu tampil di kancah sepak bola Eropa musim ini."

"Ajang Liga Champions begitu istimewa bagi kami, meski saya tidak akan mengatakannya berlebihan. Kami justru tidak tertekan ketika lolos."

"Kami akan menaruh hormat kepada tim ini ketika mereka berada dan bertanding di sini. Mereka kaya pengalaman di level Eropa, meski saya beranggapan Lille juga punya prestasi di kancah Eropa. Salah satu kunci bagi kami, yakni bertanding tanpa merasa takut."

* Julen Lopetegui (Porto):
"Kami tidak difavoritkan di laga ini. Kami bakal menghadapi Lille yang mampu tampil baik, karena mereka telah menjalani persiapan matang agar dapat tampil baik di musim ini."

"Tidak ada pemain yang begitu menonjol di skuat ini. Yang penting bagi saya, bahwa kami perlu tampil sebaik mungkin, baik secara perorangan maupun sebagai tim."

"Saya tidak ingin berpikir mengenai apa yang akan terjadi di seputar laga besok. Saya lebih suka untuk fokus hanya kepada satu laga saja, karena kami bakal melawan tim yang mampu tampil baik."

"Mereka bermain dengan skema yang tertata apik, dan Rene Girard mampu menunaikan tugasnya dengan baik selama dua tahun ini. Mereka punya kemampuan dan keunggulan yang sama baik di lini pertahanan dan lini depan. Mereka mampu bertahan dan menyerang sama baiknya."

"Saya tidak takut melawan Lille, meski saya harus tetap punya keyakinan. Kami menaruh hormat kepada mereka meski kami juga tidak takut ketika melawan mereka."

Data dan fakta kedua tim:   

* Kedua tim belum pernah saling bertemu.
* Lille mencatat enam laga menghadapi tim asal Portugal dengan menorehkan rekor satu kali menang, dua kali imbang dan tiga kali kalah.
* Lille belum pernah menang dalam empat laga di ajang Eropa (sekali imbang, tiga kali kalah), sejak dikalahkan FC Kobenhaven pada babak play-off Liga Champions musim 2012/13.
* Porto belum pernah menang dalam lima kali laga tandang (tiga kali imbang, dua kali kalah) sejak menang 1-0 ketika melawan SK Austria di babak penyisihan grup Liga Champions musim 2013/14.

Prakiraan susunan pemain:
    
* Lille (4-3-2-1):
Enyeama (penjaga gawang), Corchia, Kjær, Baaa, Beria; Balmont, Gueye, Mavuba, Delaplace; Roux, Kalou.
• Absen: Marvin Martin

*Porto (4-4-2):
Fabiano (penjaga gawang); Danilo, Maicon, Martins Indi, Sandro; Torres, Neves, Herrera; Quaresma, Martínez, Brahimi.
• Belum ada kepastian turun bertanding: Juan Quintero, Alex Sandro
 
Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Lille 0-2 Porto (23,81 persen)
* Lille 1-2 Porto (19,05 persen)
* Lille 0-1 Porto (11,91 persen)

Lima laga terakhir:
 
* Lille:
15 Aug 2014  Caen 0 - Lille 1  FRA1
 9 Aug 2014   Lille  0 - FC Metz 0  FRA1
 5 Aug 2014   Lille 1 - Grasshopper Zürich 1  UCL
30 Jul 2014    Grasshopper Zurich 0 - Lille 2  UCL
 7 May 2014  FC Lorient 1 - Lille 4  FRA1

*Porto:
15 Aug 2014   Porto 2 - Maritimo 0  POR1
10 May 2014  Porto 2 - Benfica 1  POR1
 4 May 2014   Olhanense 2 - Porto 1  POR1
21 Apr 2014   Porto 3 - Rio Ave 0  POR1
16 Apr 2014    Benfica 3 - Porto 1  TDeP

Prediksi laga:

* Laga Liga Champions umumnya berlangsung ketat, karena itu kedua tim bakal bertarung sekuat tenag dan sekuat kemampuan dengan mengerahkan tim terbaiknya, baik ketika bertanding di kandang maupun bertarung tandang.

* Di leg pertama, tidak jarang beroleh hasil imbang, meski kedua tim berusaha tampil sebaik mungkin, karena itu grafik penampilan kedua tim sama pentingnya untuk diberi perhatian.

* Lille bukan tim yang dapat dengan mudah dikalahkan ketika mereka berlaga di kandang. Mereka kerapkali berjuang keras justru ketika menghadapi lawan yang alot. Hanya saja rekor mereka di ajang Liga Champions tidak terlalu bersinar di musim belakangan ini. Sebaliknya, Porto berusaha keras meraih kemenangan ketika bertandang ke Lille.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Lille: 1

* Porto: 1    

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014