Surabaya (ANTARA News) - Peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 TNI yang dipusatkan di Surabaya akan dimeriahkan perlombaan lari 10 kilometer atau 10-K pada 14 September 2014.

Koordinator Bidang Olahraga Panitia HUT ke-69 TNI Brigadir Jenderal TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah di Surabaya, Rabu, menjelaskan perlombaan akan terbagi dalam empat kategori peserta, yakni TNI/Polri, atlet, umum, dan pelajar.

"Panglima TNI Jenderal Moeldoko dijadwalkan melepas peserta lomba dari depan Tunjungan Plasa di Jalan Basuki Rahmat dan peserta akan finis di Dermaga Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung," katanya usai rapat koordinasi.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya itu, menambahkan panitia menyiapkan dua unit mobil sebagai hadiah khusus bagi peserta yang berhasil memecahkan rekor nasional lari 10-K untuk kategori putra dan putri.

Saat ini, rekor nasional lari 10-K kategori putra dipegang mantan atlet nasional Eduardus Nabunome yang masih bertahan sejak tahun 1998 dengan catatan waktu 29,55 detik. Sedangkan kategori putri atas nama Triyaningsih dengan catatan waktu 32,33 detik dan dibukukan pada 2009.

"Siapapun peserta baik dari kategori TNI/Polri, atlet, umum maupun pelajar, yang berhasil memecahkan rekor nasional akan membawa pulang hadiah mobil," tambah Rudy.

Menurut ia, panitia menargetkan 5.000 hingga 10.000 peserta akan ambil bagian dalam lomba kali ini. Selain dua unit mobil, panitia juga menyiapkan hadiah uang pembinaan jutaan rupiah, medali dan piagam penghargaan.

Dalam pelaksanaan lomba, panitia menggandeng Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jatim dan Kota Surabaya, Dispora, serta Polrestabes Surabaya untuk pengamanan rute lomba.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014