Jakarta (ANTARA News) - Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014, mulai Rabu (20/8) pukul 11.00 WIB, membuka secara resmi pendaftaran secara online di www.panselnas.menpan.go.id.

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet di Jakarta, Rabu, formasi CPNS tahun ini terdiri dari formasi K/L (Kementerian dan Lembaga) dan formasi di Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Formasi akan ditampilkan disini secara bertahap, sesuai dengan ketersediaan data yang telah selesai diproses dan memenuhi ketentuan yang berlaku.

Kementerian PAN & RB telah mengumumkan 68 kementerian dan lembaga yang membuka formasi. Sedangkan untuk formasi Daerah terdiri atas 400 (empat ratus) instansi, yaitu 28 (dua puluh delapan) Pemerintah Provinsi dan 455 (empat ratus lima puluh lima) Pemerintah Kabupaten/Kota.

Total formasi yang dibutuhan untuk 68 K/L sebanyak 24.928 lowongan pekerjaan, sedangkan formasi di daerah sebanyak 38.824 lowongan.

Panitia seleksi nasional (Panselnas) CPNS 2014 melakukan penyederhanaan pendaftaran CPNS, yakni dengan pendaftaran sistem online melalui website panselnas.menpan.go.id untuk semua lulusan baik SMA, D3, S1.

Dari laman http://panselnas.menpan.go.id/ yang kemudian dilanjutkan ke laman demo https://panselnas.menpan.go.id/, panselnas.menpan.go.id, terdapat sejumlah syarat yang perlu diperhatikan.

Di antaranya, seleksi hanya dapat diikuti melalui tahap pendaftaran di portal ini di mana pendaftar wajib memiliki alamat surat elektronik yang berlaku.

Menpan juga merinci himbauan lain seperti mengisi formulir dengan cermat hingga himbauan bahwa penerimaan dilakukan tanpa dipungut biaya.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014