Jakarta (ANTARA News) - Tim panahan Indonesia yang akan diturunkan di Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, 19 September - 4 Oktober dijadwalkan melakukan penyesuaian iklim di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sekjen Pengurus Pusat Pengurus Panahan Seluruh Indonesia (PP Perpani) Alman Hudri di Jakarta, Rabu mengatakan, dengan dilakukannya pelatihan di tempat yang memiliki suhu yang hampir mirip dengan lokasi Asian Games diharapkan atlet bisa lebih memacu semangat untuk meraih hasil terbaik.

"Proses izin ke Perhutani saat ini sudah berjalan. Kami berharap izin bisa diberikan. Sesuai dengan rencana, aklimatisasi (penyesuaian iklim) akan dilakukan 10 hari," katanya di sela mendampingi peraih emas Kejuaraan Dunia 2014, Ika Yuliana Rochmawati bertemu Menpora Roy Suryo di Kantor Kemenpora.

Dengan semakin dekatnya pelaksanaan kejuaraan empat tahunan ini, kata dia, persiapan secara umum telah sesuai dengan program yang ditetapkan. Bahkan, pekan depan kemungkinan besar semua atlet yang akan diturunkan bisa menggunakan peralatan baru.

"Adaptasi dengan alat sangat diperlukan. Kami optimistis semua atlet akan menyesuaikan diri," kata pria yang juga manajer tim panahan Indonesia pada SEA Games 2014, Myanmar itu.

Tim panahan Indonesia sebelum turun di Asian Games 2014 memang mendapatkan suntikan semangat baru setelah Ika Yuliana mampu meraih emas pada Kejuaraan Dunia 2014 di Seri IV di Wroclaw, Polandia beberapa waktu lalu. Meski demikian, atlet asal Bojonegoro itu tetap merendah.

"Peluang atlet untuk meraih medali sama. Makanya saya akan berusaha memberikan yang terbaik di Asian Games nanti," katanya usai bertemu dengan Menpora Roy Suryo.

Ika Yuliana pada Asian Games 2014 tidak akan bertanding sendiri. Atlet kelahiran 2 Juli 1989 itu turun di nomor tim recurve bersama Titi Kusumawardani, Erwina Safitri dan Diananda Choirunisa.

Untuk tim compound putri akan diperkuat oleh Dellie Threesyadinda, Sri Ranti, Rona Siska dan Della Adisti. Sedangkan atlet putra Sapriatno akan turun di nomor compound individu

Sementara itu Menpora Roy Suryo sangat mengapresiasi perkembangan atlet panahan Indonesia. Pihaknya berharap, sebagai cabang olahraga andalan peraih medali bisa memenuhi target yang ditetapkan.

"Kami berharap prestasi atlet-atlet Indonesia terus meningkat. Hasil bagus di kejuaraan dunia, kami harapkan bisa memacu semangat Ika untuk meraih hasil terbaik di Asian Games nanti," katanya.

Cabang olahraga panahan merupakan cabang olahraga andalan kontingen Indonesia yang diharapkan bisa meraih medali. Selain itu ada cabang angkat besi maupun bulutangkis.

(B016/T007)

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014