Kiev (ANTARA News) - Kelompok separatis pro-Rusia menembak jatuh sebuah jet tempur kursi tunggal SU-25 Ukraina di wilayah Luhansk, Ukraina timur, Rabu, kata seorang juru bicara militer.

Hingga kini belum diketahui apakah pilot tersebut mampu keluar dari pesawat atau tewas dalam kecelakaan itu, kata juru bicara Andriy Lysenko kepada Televisi Channel 112.ua., Ukraina, lapor Reuters dan KUNA.

Sementara itu sebelumnya, dari Brussels Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso berbicara dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko melalui telepon untuk membahas kejadian-kejadian terkini di Ukraina.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor Barroso Selasa, ia menyatakan keprihatinannya atas situasi keamanan dan mengutuk penembakan terhadap konvoi pengungsi.

Barosso mendesak penyelidikan atas insiden itu dan mengingatkan perlunya melindungi warga sipil.

Dia menggarisbawahi perlunya untuk menghentikan permusuhan di perbatasan dan aliran senjata serta personil dari Rusia ke Ukraina.

Menurut laporan-laporan media, satu konvoi pengungsi diserang di wilayah Luhansk, Ukraina timur, pada Senin dan dilaporkan 15 mayat sejauh ini telah ditemukan di tempat kejadian.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014