Jakarta (ANTARA News) - Bus Transjakarta koridor I jurusan Blok M-Kota dialihkan akibat adanya pengamanan di sekitar Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pembacaan hasil putusan sidang gugatan pemilihan presiden.

Humas Transjakarta Sri Ulina, di Jakarta, Kamis, mengatakan bus koridor I akan dialihkan dengan rute Blok M - MH Thamrin - Budi Kemuliaan - Abdul Muis - Majapahit Barat - Harmoni - Kota.

Kemudian, dari Kota-Juanda-Pasar Baru-Lapangan Banteng-Pejambon-Medan Merdeka Timur-Tugu Tanu-Monas-Medan Merdeka Selatan-Thamrin-Blok M.

Selain itu, koridor II Pulogadung-Harmoni juga dialihkan. Beberapa halte juga tidak beroperasi seperti halte Monas, halte Balaikota dan halte Gambir II.

Perpendekan rute juga dilakukan. Ragunan-Monas dipendekkan menjadi Ragunan sampai Dukuh Atas saja.

"BKTB yang biasanya sampai Pluit juga hanya sampai Kota," kata Sri.

Pengalihan rute, perpendekan dan penutupan busway dikatakan Sri akan diberlakukan hingga situasi kondusif.

"Kalau posisi di depan MK sudah bisa dilalui, kita akan berlakukan rute normal lagi," katanya.

Sementara itu, hingga saat ini suasana di jalan menuju Jalan Medan Merdeka Barat, tepatnya di sekitar Patung Kuda yang merupakan ring empat pengamanan sudah dijaga ketat ratusan polisi.

Kawat berduri telah terpasang dan beberapa kendaraan taktis seperti barakuda dan water canon disiapkan untuk mengantisipasi kerusuhan.

Sejumlah pendukung calon pasangan presiden dan wakil presiden Prabowo-Hatta sudah mulai berdatangan menuju Gedung MK melalui ring empat.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014