Promosi sekaligus Resepsi Diplomatik dilakukan dengan menggelar potensi Indonesia di berbagai bidang untuk memperkenalkan potensi Indonesia Baru bertajuk `The Pride of Indonesian Heritage`,"
London (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda Retno LP Marsudi menyatakan pada peringatan HUT ke-69 RI memasuki era baru hubungan bilateral dengan Belanda, terutama pascadiluncurkannya Comprehensive Partnership oleh Presiden Indonesia dan Perdana Menteri Belanda, November lalu.

"Promosi sekaligus Resepsi Diplomatik dilakukan dengan menggelar potensi Indonesia di berbagai bidang untuk memperkenalkan potensi Indonesia Baru bertajuk The Pride of Indonesian Heritage," kata Sekretaris I Pensosbud KBRI Denhaag, Danang Waskito kepada Antara London, Kamis.

Dalam pidato resepsi diplomatik, Dubes menyebutkan tahun 2013 merupakan tahun yang khusus bagi hubungan kedua negara. PM Belanda bersama lebih dari 100 pengusaha Belanda mengunjungi Indonesia pada bulan November tahun lalu yang ditandai dengan peluncuran Comprehensive Partnership.

Dalam kunjungan itu juga dilakukan penandatanganan kerja sama bidang perikanan dan kerja sama triangular dalam rangka kerja sama pembangunan, dan berbagai perjanjian lainnya.

Dikatakannya era baru hubungan bilateral kedua negara juga ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman kerja sama di bidang pertahanan dan kesepakatan kedua Menteri Pertahanan untuk menyelenggarakan Strategic Dialogue.

Menteri Perdagangan Internasional dan Kerjasama Pembangunan Belanda Ms Lilianne Ploumen hadir sebagai tamu kehormatan bersama lebih dari 500 orang yang terdiri dari pejabat tinggi Belanda, Duta Besar asing dan kalangan korps diplomatik, politisi, pejabat militer dan polisi, kalangan swasta, generasi muda, dan masyarakat umum lainnya.

Hadir pula dalam acara tersebut Presiden Senat (Eerste Kamer) dan President Mahkamah Agung Belanda (Hoogeraad).

Sementara itu, Menteri Lilianne Ploumen mengawali pidatonya dengan apresiasi tinggi atas bantuan dan kerja sama Pemerintah Indonesia dalam penanganan kecelakaan pesawat MH-17, termasuk bantuan identifikasi korban oleh tim Disaster Victim Investigation (DVI) Indonesia.

Masyarakat kedua negara memiliki hubungan emosional yang kuat, bahkan budaya Indonesia sudah begitu dikenal masyarakat Belanda. Hal tersebut sangat menunjang penguatan kerja sama Indonesia dan Belanda di berbagai bidang. Menteri Ploumen juga mengapresiasi perkembangan positif Indonesia di berbagai bidang, sebagai salah satu kekuatan ekonomi dan mitra penting Belanda.

Menteri Ploumen juga menyampaikan ucapan selamat atas suksesnya pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, serta menyampaikan kesiapan Belanda bekerja sama dalam penguatan hubungan bilateral di berbagai bidang.

Belanda merupakan salah satu mitra utama Indonesia di bidang perdagangan dan pariwisata. Dengan menggelar promosi Indonesia diharapkan angka perdagangan Indonesia-Belanda yang telah mencapai lebih dari 5 miliar dolar AS akan dapat meningkat di masa mendatang.
(H-ZG/S024)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014