... ribuan pelari dari dalam dan luar negeri akan bersama-sama memeriahkan HUT ke-69 TNI ini... "
Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah persiapan menuju pelaksanaan Lomba Lari 10 K menyambut HUT ke-69 TNI terus dilakukan. "Sudah sekitar 600 pelari mendaftar dan akan semakin banyak yang mendaftar," kata Koordinator Bidang Olahraga Panitia HUT ke-69 TNI, Brigadir Jenderal Marinir TNI Rudy Andi Hamzah, Kamis malam.

Pelaksanaan lomba lari bertaraf nasional dan internasional itu, katanya, pada 14 September nanti dengan rute awal di depan Plaza Tunjungan dan berakhir di dalam Markas Komando Armada Indonesia Kawasan Timur TNI AL, Surabaya.

Menurut jenderal Korps Marinir TNI AL yang juga komandan Pangkalan Utama TNI AL V itu, ada empat kategori pelari yang dilombakan, yaitu atlet profesional terbuka, kategori umum, kategori personel TNI/Kepolisian Indonesia, dan kategori pelajar.

Lomba lari 10 kilometer itu, katanya, juga hasil kerja sama dengan PB PASI dan juga bertujuan memecahkan rekor lari, baik untuk atlet putra ataupun putri.

Untuk putra, rekor nasional masih dipegang mantan atlet nasional Eduardus Nabunome yang masih bertahan sejak 1998 dengan catatan waktu 29,55 detik. Sedangkan kategori putri atas nama Triyaningsih dengan catatan waktu 32,33 detik dan dibukukan pada 2009.

"Ribuan pelari dari dalam dan luar negeri akan bersama-sama memeriahkan HUT ke-69 TNI ini. Demikianlah, kami bersyukur atas usia yang bertambah bagi TNI dan kesempatan untuk kami semakin meningkatkan darma bhakti kepada bangsa dan kemanunggalan dengan rakyat," kata Rudy.

Untuk semakin meningkatkan minat dan kesertaan masyarakat dan atlet, dia menyatakan, "Kami juga menggelar pos-pos pendaftaran di tempat-tempat umum selain di markas-markas komando satuan TNI setempat. Semuanya gratis tanpa biaya apapun," katanya.

Menurut rencana, lomba lari ini akan dibuka Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, didampingi ketiga kepala staf matra TNI, yaitu Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI IB Putu Dunia, dan Kepala Staf TNI AD, Letnan Jenderal TNI Gatot Nurmantio.

Rute yang diambil para pelari nanti, adalah Jalan Basuki Rahmat, menyusuri Jalan Embong Malang, Bubutan, Jalan Pahlawan, Jalan Indrapura, Jalan Perak Barat, Jalan Jakarta, Jalan Hang Tuah, dan finish di dermaga Ujung Markas Komando Armada Timur Indonesia TNI AL.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014