Setelah ini, kami akan bertemu dengan pemerintah sekarang untuk mengetahui persoalan yang ada. Kemudian mengunjungi kementerian agar persiapannya benar-benar matang."
Jakarta (ANTARA News) - Presiden terpilih Joko Widodo menyampaikan pidato pernyataan sikap terkait pengumuman hasil sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Pidato Joko Widodo (Jokowi) tersebut disampaikannya secara langsung di Taman Surapati, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis malam, dengan didampingi oleh Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK).

Di dalam pidatonya, Jokowi menyatakan akan segera mengambil langkah-langkah cepat dalam rangka mempersiapkan pemerintahan yang baru.

"Tentunya, sebuah kesempatan baru akan terbuka untuk kami berdua. Oleh karena itu, kami segera menyusun rencana dan mempersiapkan segala hal untuk pemerintahan baru kami," kata Jokowi.

Salah satu persiapan tersebut, dia menyebutkan, yaitu segera mengagendakan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membahas pemerintahan transisi.

"Setelah ini, kami akan bertemu dengan pemerintah sekarang untuk mengetahui persoalan yang ada. Kemudian mengunjungi kementerian agar persiapannya benar-benar matang," ujar Jokowi.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, JK meminta agar setelah pengumuman hasil sidang oleh MK tersebut, seluruh rakyat dapat bersatu padu dan melupakan perbedaan yang terjadi selama masa Pemilihan Umum (Pemilu).

"Kita sudah bersama-sama menyetujui secara konstitusi final dan mengikat. Kita harus bersatu. Jangan perpanjang masalah lagi. Setelah ini, semuanya harus bersatu kembali," ungkap JK.  (R027/Z002)

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014