Biak (ANTARA News) - Sebanyak 100 petugas kebersihan jalan dari Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Permakaman (DKPP) Kabupaten Biak Numfor, Papua, disiagakan dan bekerja selama kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke wilayah itu.

Juru bicara Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Permakaman Marthen Wompere di Biak, Jumat mengatakan keterlibatan petugas kebersihan jalan itu diharapkan dapat menjaga kebersihan wajah kota agar tetap bersih, nyaman dan indah.

Marthen mengatakan sepanjang rute jalan yang akan dilalui oleh rombongan Presiden Yudhoyono maka jalur itu harus bersih dari berbagai jenis sampah.

"Hal ini sudah dilakukan petugas penyapu jalan beserta jajaran PNS Pemkab dan dinas terkait melakukan kerja bakti massal melakukan pembersihan rumput dan sampah," ujar Marthen Wompere yang juga Kasi Kebersihan pada DKPP ini.

Ia menyebutkan bahwa selain menyiagakan personel pihaknya juga telah mengoperasikan empat mobil truk pengangkut sampah yang setiap waktu beroperasi membersihkan jalan dan permukiman warga Biak dan sekitarnya.

Marthen berharap petugas kebersihan yang disiapkan selama kunjungan Presiden Yudoyono tetap melakukan koordinasi dengan jajaran Pemkab Biak Numfor maupun pimpinan SKPD tertentu guna menjaga Biak sebagai kota bersih di Papua.

"Setiap hari seratusan pekerja dari Dinas Kebersihan Pertamanan dan Permakaman sejak pagi hari hingga siang hari tetap rutin membersihkan jalan di Kota Biak dan sekitarnya ini," katanya.

Sementara pada Jumat pagi pukul 07.00 sejumlah jalan, di antaranya Jalan Condronegoro, pertigaan Jalan Majapahit - Angkasa serta beberapa lokasi strategis lain, pihak DKPP telah menyediakan bak penampung sampah warga setempat. (M039/M026)

Pewarta: Muhsidin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014