Jakarta (ANTARA News) - Ketua Badan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan Puan Maharani berharap program Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla berlandasakan nilai-nilai pancasila, sehingga mendapat dukungan kuat di eksekutif dan di legislatif.

"Kami berharap bahwa pemerintah yang akan datang akan didukung dan dibantu oleh sinergi yang kuat antara eksekutif dan legislatif dalam mengawal program-program Jokowi-JK, kata Puan, di Jakarta, Jumat.

Pihaknya juga berharap pemerintahan mendatang melalui berbagai programnya dalam rangka mewujudkan Indonesia yang Berketuhanan, Indonesia yang adil dan beradab, Indonesia yang Bersatu, Indonesia yang mengutamakan musyawarah untuk mufakat, serta Indonesia yang senantiasa mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Saat Pilpres, pasangan Jokowi-JK didukung oleh empat parpol, yakni PDI Perjuangan (18,95 persen suara pemilu legislatif, 109 kursi DPR), Partai Nasdem (6,72 persen, 35 kursi DPR), Partai Kebangkitan Bangsa (9,04 persen, 47 kursi DPR), dan Partai Hanura (5,26 persen, 16 kursi DPR). Jika dijumlah, pasangan tersebut memperoleh dukungan 39,97 persen suara atau 207 kursi DPR.

Puan sebelumnya juga menyampaikan harapannya agar Jokowi-JK mendapat dukungan di parlemen. Dia menyebut secara informal PDIP tetap melakukan komunikasi dan silaturahmi dengan parpol lain karena PDIP ingin menciptakan sistem presidensial yang bersinergi.

"PDIP terbuka menerima kekuatan baru yang ingin merapat," Puan.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014