Birmingham (ANTARA News) - Pelatih Aston Villa menyatakan ia kemungkinan akan memberikan kesempatan gelandang serang Joe Cole melakukan penampilan debut untuk tim barunya itu dalam laga melawan Newcastle United di Villa Park, Sabtu (23/8).

Pemain berusia 32 tahun itu didatangkan Villa setelah berstatus tanpa klub usai kontraknya selesai dengan West Ham United di musim panas lalu, namun harus melewatkan laga pembuka the Villans melawan Stoke, yang berakhir dengan kemenangan 1-0, akibat cedera paha.

Kondisi Cole cukup pulih menjelang kedatangan pasukan Toon Army dan Lambert mengaku tidak sabar untuk menyaksikan penampilan mantan pengatur serangan Chelsea itu sembari meyakini pengalaman yang dimilikinya akan berperan penting di lapangan.

"Joe layak untuk diperhitungkan, ia bisa melihat jalur umpan dengan baik dan membuka kunci pertahanan," kata Lambert.

"Kami hanya perlu memastikan untuk menjaga kondisinya tetap prima. Ia pernah memenangi semuanya dalam sepak bola. Ia pemain pro yang hebat dan pintar."

Karir Cole kerap terganggu oleh cedera yang dialaminya dan Lambert mengakui sangat penting bagi pemain barunya itu untuk tetap dalam kondisi prima demi menghadapi rangkaian pertandingan Liga Inggris.

"Masalahnya adalah bagaimana menjaga kondisinya dan kalau berhasil kami akan memiliki pemain top di tim kami. Saya tahu persis kemampuannya. Sungguh hal besar dia bisa kembali pulih sebab saya tahu apa yang bisa ia berikan," katanya seperti dilaporkan Sky Sports.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014