Pangkalpinang (ANTARA News) - Ribuan kendaraan hias turut memeriahkan Kota Pangkalpinang dalam rangkaian acara perayaan HUT RI ke-69 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat.

"Pawai kendaraan hias hari ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dua hari sebelumnya. Hari ini peserta pawai kendaraan hias dikuti sebanyak 146 regu di antaranya 79 regu kendaraan bermotor dan 67 regu mobil," ujar Koordinator Lapangan dan Juri Karnaval Pembangunan Provinsi Bangka Belitung (Babel) 2014, Padli, Jumat.

Ia mengatakan, lebih dari 2.000 kendaraan yang mengikuti acara tersebut. Selain dari Kota Pangkalpinang, peserta juga berasal dari Kabupaten lain yang ada di Pulau Bangka.

"Setiap Kabupaten mengirimkan perwakilannya untuk turut memeriahkan acara ini. Dibanding tahun sebelumnya, antusias peserta dalam mengikuti pelaksanaan pawai kendaraan hias tahun ini cukup tinggi," katanya.

Dikatakannya, peserta kendaraan hias untuk kendaraan bermotor diikuti oleh lima regu SMU, lima regu perguruan tinggi, 17 regu SKPD/instansi, enam regu perusahaan swasta dan 44 regu dari masyarakat umum.

"Sementara untuk kendaraan mobil diikuti oleh 23 regu SKPD/instansi, 16 regu perusahaan swasta dan 26 regu dari masyarakat umum. Untuk regu kendaraan bermotor dan mobil masing-masing memiliki dua regu kehormatan," ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk rute yang dilalui kendaraan hias hari ini mencapai 20 km. Rute ini jauh lebih panjang bila dibandingkan dengan rute yang dilalui pawai gerak jalan dan karnaval pada dua hari sebelumnya yang hanya sekitar delapan kilometer.

"Kami harap pelakasanaan kegiatan pawai kendaraan hias hari ini dapat memberikan hiburan dan tontonan yang menarik bagi seluruh masyarakat Pangkalpinang," katanya.

(KR-OSH/H-KWR)

Pewarta: Ongku Sutan Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014