Mahasiswa kelas internasional juga mempunyai kesempatan praktik lapangan ke luar negeri selama sebulan. Kami juga memfasilitasi program `sit in` ke luar negeri,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Negeri Yogyakarta akan mengirimkan mahasiswa berprestasi Kelas Internasional ke mancanegara untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

"Mahasiswa kelas internasional juga mempunyai kesempatan praktik lapangan ke luar negeri selama sebulan. Kami juga memfasilitasi program sit in ke luar negeri," kata Wakil Dekan I Fakultas MIPA UNY Suyanta di Yogyakarta, Jumat.

Pada Orientasi Mahasiswa Kelas Internasional Fakultas MIPA UNY, ia mengatakan saat ini di UNY baru ada enam kelas internasional terdiri atas lima kelas di Fakultas MIPA dan satu kelas di Fakultas Ekonomi.

Menurut dia, UNY juga mendapatkan surat dari Ditjen Dikti untuk membuat ringkasan tentang Kelas Internasional yang dimiliki UNY untuk ditawarkan di tingkat Asia maupun global.

"Hal itu dimaksudkan agar UNY ikut menyumbangkan perguruan tinggi di Indonesia yang nanti bisa setara untuk go international," katanya.

Ia mengatakan untuk skripsi Kelas Internasional boleh ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Namun, artikel ringkasan wajib ditulis dalam bahasa Inggris.

"Hal itu jangan dijadikan beban karena sebelum menulis mahasiswa akan diberi perlakuan yang mendukung kegiatan tersebut," katanya.

Menurut dia, ada kegiatan dalam bahasa Inggris yang menunjang. Ada kuliah dalam bahasa Inggris dengan "native speaker" selama empat semester. Fakultas juga mendatangkan dosen bahasa Inggris dari luar negeri.

"Mahasiswa yang masuk Kelas Internasional tidak perlu cemas karena tidak ada perubahan biaya pendidikan. Kelas itu dibentuk untuk urusan akademis," katanya.
(B015/M008)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014