Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat menuntut Rusia segera menarik konvoi kendaraan bantuan dari Ukraina dan memperingatkan sanksi internasional lebih lanjut jika Moskow tidak menghormati kedaulatan Kiev.

"Rusia harus menarik kendaraan-kendaraan dan personil dari wilayah Ukraina segera. Kegagalan melakukannya akan mengakibatkan biaya tambahan dan isolasi," kata juru bicara Pentagon Laksamana John Kirby kepada wartawan seperti dikutip AFP.

Jumat kemarin Ukraina menuding Moskow melakukan invasi setelah Rusia secara sepihak mengirim bagian pertama dari konvoi bantuannya ke kawasan bagian timur Ukraina dan memperingatkan akan ada serangan atas truk-truk tersebut.

Moskow menyebut penangguhan selama sepekan untuk mengizinkan konvoi itu melintasi perbatasan sebagai "kekejaman" karena itu iring-iringan truk tersebut diperintahkan masuk ke wilayah yang dikuasai pemberontak kendati para pejabat Palang Merah menolak mengawalnya karena alasan keamanan.

"Ini adalah invasi langsung," kata Kepala Dinas Keamanan Ukraina Valentyn Nalyvaychenko sebagaimana dikutip beberapa kantor berita.

Ukraina mengatakan tanggung jawab bagi keselamatan truk-truk itu berada di Moskow setelah Rusia memperingatkan "terhadap tiap usaha mengganggu misi kemanusiaan."

"Tanggung jawab bagi kemungkinan konsekuensi provokasi terhadap konvoi kemanusiaan sepenuhnya terletak pada mereka yang siap untuk terus mengorbankan nyawa manusia demi ambisi dan rencana-rencana geopolitik mereka," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.


(H-AK)




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014