Kita ingin Indonesia dari Aceh sampai Papua maju bersama, makmur bersama
Raja Ampat, Papua Barat (ANTARA News) - Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengemukakan harapannya agar seluruh wilayah nusantara dari Aceh sampai Papua makmur secara bersama-sama.

"Kita ingin Indonesia dari Aceh sampai Papua maju bersama, makmur bersama," kata Presiden dalam sambutannya pada acara puncak Sail Raja Ampat 2014 di Pantai Waisai Torang Cinta, Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu.

Menurut Yudhoyono, situasi yang semakin aman dan damai diperlukan guna membangun dan melaksanakan implementasi program MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia).

Dengan demikian, maka tingkat kesejahteraan rakyat di setiap wilayah Indonesia dapat meningkat secara signifikan termasuk koridor di kawasan timur Indonesia seperti tanah Papua.

Ia mengingatkan pemerintah juga telah menyiapkan dana otonomi khusus termasuk di Papua dan Papua Barat yang diperkirakan mencapai sekitar Rp7triliun pada tahun mendatang.

Sedangkan untuk penyelenggaraan Sail Raja Ampat hari ini, Presiden menyatakan acara itu bertujuan meningkatkan kekuatan sumber daya alam dan kepariwisataan agar kekuatan maritim Indonesia juga bisa tumbuh lebih pesat.

"Kalau semua potensi digerakkan, lima atau 10 atau 15 tahun lagi tanah Papua akan bergerak menjadi daerah yang makin maju dan makin makmur," katanya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014