Tidak etis jika DPRD DKI mengambil sikap yang bertentangan dengan aspirasi rakyat. DPRD DKI hendaknya mematuhi putusan MK yang telah menetapkan Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2014-2019, karena putusan tersebut bersifat final dan men
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat Politik dari Universitas Indonesia Boni Hargens berpandangan, DPRD DKI harus menerima pengunduran diri Joko Widodo sebagai Gubernur DKI dalam rangka memenuhi kehendak rakyat yang telah memilihnya sebagai Presiden RI 2014--2019.

"Tidak etis jika DPRD DKI mengambil sikap yang bertentangan dengan aspirasi rakyat. DPRD DKI hendaknya mematuhi putusan MK yang telah menetapkan Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2014-2019, karena putusan tersebut bersifat final dan mencerminkan kehendak rakyat," kata Boni di Jakarta, Sabtu.

Mahkamah Konstitusi (MK) sebelumnya telah menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dari capres dan cawapres nomor urut satu, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, sehingga secara otomatis Jokowi ditetapkan sebagai presiden terpilih.

Namun konsekuensinya, Jokowi harus mengundurkan diri dari jabatan Gubernur DKI sebelum pelantikan Presiden RI pada tanggal 20 Oktober nanti. Namun, langkah tersebut tidak mudah, karena Jokowi harus mendapatkan izin dari DPRD DKI.

Menurut Boni, jika nanti DPRD DKI menolak pengunduran diri Jokowi sebagai Gubernur DKI, maka akan dianggap publik sebagai upaya pengingkaran terhadap eksistensi MK sebagai Lembaga Tinggi Negara yang sudah terbukti mengawal konstitusi.

"Oleh karena itu, hendaknya DPRD DKI tidak melakukan politisasi yang terlalu jauh dalam pengunduran Jokowi sebagai Gubernur DKI, dan sudah semesti menerimanya agar Jokowi bisa dilantik pada tanggal 20 Oktober 2014 serta sebagai Presiden RI terpilih 2014--2019 dan dapat menepati janji-janji politiknya untuk kepentingan bangsa dan negara," ucapnya.
(S037/R010)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014