Semarang (ANTARA News) - Ribuan pengendara motor dari beberapa daerah mendeklarasikan komitmen tertib berlalu lintas sebagai salah satu upaya menekan angka kecelakaan di jalan raya.

"Deklarasi tertib berlalu lintas yang kami lakukan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Ke-25 Semarang CB Club (SCBC) pada hari ini mempunyai maksud agar para pengendara motor lebih memahami dan dapat menerapkan safety riding saat berkendara," kata Ketua Umum SCBC Odit Maryuwanto di Semarang, Sabtu.

Ia menjelaskan tema pada perayaan HUT yang berlangsung di kawasan Pekan Raya Promosi Pembangunan (PRPP) Semarang tersebut adalah "Satukan Tekad Jauhkan Perbedaan".

Kegiatan itu tidak hanya dihadiri oleh pengendara motor dari Kota Semarang saja, tetapi juga dari beberapa daerah di Indonesia, seperti Yogyakarta, Jakarta, Lampung, Kalimantan, dan Bali.

Menurut dia, kegiatan yang dilakukan itu tidak hanya sekadar acara kumpul-kumpul, tetapi bertujuan menyatukan para pengendara motor yang saat ini masih terkotak-kotak dalam berbagai kelompok.

"Sesuai dengan tema perayaan, kami ingin bikers, khususnya pencinta motor Honda CB, di Indonesia bersatu dan bersinergi dalam persaudaraan melalui berbagai kegiatan," ujarnya.

Secara tegas, kata dia, pengendara motor yang hadir dalam perayaan HUT Ke-25 SCBC menolak keberadaan "geng motor" yang meresahkan masyarakat di sejumlah kota besar.

(KR-WSN/B/D007)

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014