Pekalongan (ANTARA News) - Persip Kota Pekalongan, Jawa Tengah, lolos dari ancaman degradasi Divisi Utama setelah mengalahkan Persitema Temanggung dengan skor 2-0 di Stadion Kraton Pekalongan, Jateng, Sabtu.

Dua gol tersebut diciptakan oleh Iwan "Samson" Wahyudi pada menit ke-25 dan Agung Prasertyo pada menit ke-61.

Meski bertanding dengan beban berat agar lolos dari degradasi Divisi Utama, tim bertjuluk "Laskar Kalong" ini mampu bermain kompak dan kerja sama antarpemain yang efektif.

Tekanan, Persip yang diarsiteki Sugeng Widodo secara perlahan menguasai pertandingan dengan melakukan umpan-umpan pendek yang efektif untuk membombardir pertahanan Persitema Temanggung.

Persip nyaris menceploskan bola ke gawang Persitema yang dijaga penjaga gawang Febri, setelah striker Rozikin mendapat umpan dari Agung Prasetyo dari sudut kiri yang langsung disambut dengan tendangan kaki kanan.

Tim "Laskar Kalong" yang menargetkan meraih dikandang sendiri akhirnya mampu membawa keunggulan 1-0 pada menit ke-25 setelah Samson yang mendapat umpan dari eskpatriat Persip, Siaka Dembele langsung membawa bola sampai ke kotak pinalti.

Begitu dekat dengan gawang, bola ditendang dengan keras sehingga bola masuk ke gawang Persitema.

Memasuki babak kedua, tuan rumah kembali berkali-kali menggalang serangan tetapi para pemain belakang Persitema berusaha memperketat penjagaan sehingga Persip kesulitan menekan hingga ke kotak pinalti.

Namun, para pemain Persip tetap gigih terus menekan ke lini pertahanan Persitema sehingga pada menit ke-61, striker Laskar Kalong, Nur Coyo yang menerima umpan rekannya dan membawa sampai ke kotak berbahaya tim lawan.

Ketika sedang menggiring bola, pemain nomor punggung 17 itu dilanggar lini belakang Temanggung sehingga Wasit Hendrik langsung menunjuk titik putih.

Keputusan itu sempat diprotes oleh sejumlah pemain tamu, namun wasit tetap kukuh dengan keputusannya.

Tendangan pinalti yang dieksekusi oleh Agung Prasetyo berhasil dilakukan dengan sukses untuk menggetarkan gawang Persitema.

Tertinggal dua gol, anak asuhan Yopie Riwoe berusaha membalas dengan serangan bertubi-tubi tetapi upaya tim kesebelasan tamu ini tidak mampu mengubah kedudukan dengan skor 2-0 hingga babak kedua selesai.

Pelatih Persip mengatakan gembira dengan hasil yang diraih oleh anak asuhnya.

"Alhamdulillah, kita lolos dan terhindar degredasi Divisi Utama," katanya.

(KR-KTD/D011)

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014