Manokwari (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dijadwalkan mengunjungi Pulau Mansinam di Papua Barat sekaligus meresmikan situs Pekabaran Injil di Papua.

Pulau Mansinam yang dapat ditempuh dengan 15 menit perjalanan laut dari pelabuhan Manokwari tersebut dikenal sebagai tempat pertama penyebaran agama Kristen di Papua.

Pulau tersebut merupakan lokasi pertama yang didatangi oleh dua utusan Zending pada 5 Februari 1855 yaitu Carl Wiliam dan Gotlob Geissler.

Presiden Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono pertama kali mengunjungi Mansinam pada 22 Januari 2009.

Selain patung Jesus Kristus yang akan diresmikan Presiden, di Pulau seluas 388 hektar itu juga sudah dibangun tugu peringatan, tepat dimana kedua utusan Zending itu tiba di Mansinam.

Selain meresmikan situs Pekabaran Injil di Papua, Presiden juga akan meresmikan secara simbolis sejumlah proyek pekerjaan umum yang dibangun di sejumlah kabupaten di Papua dan Papua Barat.

Kunjungan Presiden ke Pulau Mansinam di Papua Barat merupakan salah satu rangkaian kunjungan kerja kepala negara ke Raja Ampat, Manokwari, Timor Leste dan terakhir menghadiri konferensi internasional di Bali.

Pewarta: Panca H Prabowo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014