Ambon (ANTARA News) - Pemerintah Kota Ambon secara resmi akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil pada 3 September 2014.

"Kami telah mendapat kuota dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) tetapi secara resmi pembukaan seleksi baru akan dimulai 3 September mendatang," kata kepala BKD setempat Benny Selanno di Ambon, Minggu.

Menurut dia, Kemenpan telah mengumumkan provinsi, kabupaten, dan kota yang mendapat kuota CPNS 2014 pada 22 Agustus.

"Pendaftaran dimulai setelah Pemprov Maluku membuka proses seleksi secara online 23 Agustus. Prinsipnya kami siap membuka seleksi," katanya,

Benny mengatakan formasi CPNS terbagi untuk empat jabatan yakni fungsional kesehatan atau tenaga dokter dua orang, umum dan tertentu 23 orang dan fungsional pendidikan atau tenaga guru sebanyak lima orang.

Penerimaan CPNS, lanjutnya lebih diprioritaskan untuk jabatan fungsional umum dan tertentu, sedangkan untuk tenaga guru khusus untuk Sekolah Menengah Kejuruan.

"Untuk formasi umum akan kami umumkan pada 3 September, yang pasti kami prioritaskan untuk jabatan yang sangat dibutuhkan," tandasnya.

Ia menjelaskan, sistem yang akan digunakan dalam seleksi yakni Computer Assisted Test (CAT) atau sistem yang berbasis komputer, dan LJK (Lembar jawab Komputer).

Sistem CAT yakni metode seleksi menggunakan aplikasi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

"Hal ini penting untuk mewujudkan profesionalisme, serta efisiensi agar tidak menimbulkan kecurigaan. Selain itu proses pendaftaran melalui jasa pos untu mengontrol arsip ijazah dan lainnya," kata Benny.

Pihaknya kata Benny juga akan mendatangkan petugas dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) wilayah IV Makasaar untuk menyeting sistem CAT.

"Sarana dan prasarana pelaksanaan seleksi telah siap, kami akan menggunakan fasilitas komputer di seluruh sekolah, jadi pelamar tidak akan bertemu dengan panitia tetapi akan langsung berhadapan dengan komputer," kata Benny.

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014