Palembang (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan, angka kematian ibu dan anak harus terus ditekan dengan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Itu salah satu program yang harus dijalankan dalam meningkatkan kesehatan, kata menteri kepada wartawan usai membuka Kongres Nasional Ilmu Kesehatan di Palembang, Minggu malam.

Upaya dalam menekan angka kematian ibu dan anak itu antara lain memperbaiki kesehatan ibu dan anak.

Selain itu mengatur dan umur kelahiran ibu, ujar menteri. Namun, yang lebih penting lagi memeriksa kesehatan ibu dan anak secara rutin.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu pemberian gizi terhadap ibu dan anak sehinga kesehatannya terus terjaga.

Menyinggung masalah masih kurangnya dokter anak terutama di kabupaten dan kota sekarang ini, dia mengatakan, yang perlu dilakukan antara lain memprogramkan tugas belajar terutama spesialis anak.

Selain itu memberikan pengetahuan kepada dokter umum terhadap ilmu tentang anak, kata dia.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, Sumsel cukup peduli terhadap kesehatan masyarakat.

Hal ini karena daerah ini telah memprogramkan berobat gratis kepada seluruh lapisan masyarakat terutama warga kurang mampu.

Mengenai masih rawannya terhadap makanan anak terutama yang dijual di sekolah-sekolah pihaknya rutin melaksanakan razia, ujar dia.

Razia itu dilakukan supaya jajanan anak yang dijual di sekolah-sekolah bebas dari formalin dan zat campuran berbahaya lainnya.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014