San Francisco (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 6,0 skala Richter yang mengguncang Napa, Northern California, Ahad pagi (24/8), telah melukai sedikitnya 89 orang, merusak sejumlah bangunan dan membuat ribuan orang tak memperoleh listrik.

Namun gempa bumi tersebut, yang terjadi di Kota American Canyon di bagian selatan Napa County, tidak mengancam nyawa satu orang pun di daerah itu.

Beberapa bangunan bersejarah rusak parah dan sebanyak 100 kebocoran gas serta tak kurang dari 30 kebocoran air dilaporkan sementara beberapa kebakaran terjadi, kata para pejabat. Mereka menambahkan beberapa orang menderita luka serius akibat tertimpa puing dan bukan karena kebakaran.

Para pejabat gawat darurat mengatakan gempa tersebut membuat pasokan listrik terputus buat tak kurang dari 64.000 orang di Daerah Napa dan sebanyak separuh dari mereka masih tak memperoleh listrik.

Namun, kota itu "relatif tenang meskipun diguncang gempa dengan kekuatan seperti itu", demikian laporan Xinhua. Banyak tempat usaha buka seperti biasa dan tak ada laporan mengenai penjarahan atau kerusuhan, kata Kapten Polisi Steve Potter di Napa.

Gubernur California Jerry Brown telah mengumumkan keadaan darurat buat daerah yang diguncang gempa dan memerintahkan lembaga negara bagian untuk membantu upaya tanggap gempa.

Pusat gempa tersebut berada pada kedalaman 10,8 kilometer dan guncangan terasa di San Francisco, Northern California, sekitar 64 kilometer di sebelah selatan American Canyon.

Gempa itu, yang dirujuk sebagai gempa Napa Selatan oleh US Geological Survey, adalah gempa bumi terbesar di Bay Area sejak gempa dengan kekuatan 6,9 terjadi di Lopa Prieta pada 1989.
(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014