Liverpool kehilangan Suarez, karena ia pemain yang telah berperan penting bagi timnya. Mereka memang telah membeli sejumlah pemain baru untuk memperkuat skuat
Manchester (ANTARA News) - Laga Premier League membara. Dua skuat raksasa di tanah Inggris itu sudah harus berduel berebut kemenangan justru di perhelatan pekan kedua.

Tinggal sekarang menanti Manchester City kontra Liverpool tampil jual beli serangan dan beradu kuat pertahanan. Baik Manchester City maupun Liverpool kerapkali digadang-gadang sebagai calon juara kompetisi Premier League 2014/15.

Kedua tim sama-sama mampu menunjukkan penampilan atraktif ketika mengembangkan skema serangan yang telah menjadi mata uang yang berlaku di kancah sepak bola modern. Siapa yang menyerang dengan efisien dan efektif, mereka boleh berharap dapat menuai kemenangan.

Manchester City akan berhadapan dengan Liverpool dalam duel yang digelar di Etihad Stadium pada Senin, atau Selasa dini hari, pukul 02.00 WIB.

Kedua tim beroleh kemenangan di laga perdana. Liverpool mengalahkan Southampton 2-1 di Anfield dan City menekuk Newcastle United 2-1. Ini jelas-jelas menjadi modal berharga bagi keduanya.

Kemenangan tentu menyuntik semangat kedua skuat. Kemenangan seakan menuang optimisme ke dalam bejana harapan. Baik The Citizens maupun The Reds menanti untuk menerima sebuah momentum.

The Reds kini menanti penuh harap dapat mendatangkan mantan striker The Blues, Mario Balotelli setelah Luis Suarez hengkang.

Kubu pelatih Brendan Rodgers meyakini bahwa kehadiran striker berpaspor Italia itu bakal mempertajam serangan ke pertahanan lawan. Belum dicapai kesepakatan soal harga yang disebut-sebut bernilai 20 juta poundsterling.

Rodgers bertindak sigap. Ia bakal menurunkan Daniel Sturridge untuk mendayagunakan dan meruncingkan serangan guna mendukung pergerakan Raheem Sterling dan Philippe Coutinho ketika melawan juara Premier League itu.

Dapat dimengerti bila Liverpool berharap kepada Balotelli. Tim asuhan Rodgers sedang memerlukan striker anyar.

Kalau saja mantan pemain AC Milan itu jadi mendarat di Liverpool, maka kontrak kesepakatan itu menjadi torehan bersejarah bagi tim. Hanya saja apakah Rodgers mampu merawat dan mengendalikan Balotelli yang nota bene kerapkali berperilaku bengal di laur kendali.

Rodgers bukan pelatih kemarin sore. Ia punya pengalaman segudang dalam merespons pemain bermasalah. Sebut saja, Luis Suarez yang ternyata mampu menunjukkan performa terbaik di musim lalu.

"Jika anda mencermati susunan pemain kedua tim, tampak jelas ada banyak sentuhan kreativitas ke dalam tim. Kedua tim sama-sama bertekad mencetak gol," katanya kepada para wartawan sebagaimana dikutip dari SkySports.

"Kami perlu tampil kompak dan solid ketika kehilangan bola. Kami perlu tampil agresif dan menekan pertahanan lawan. Inilah ciri khas permainan kami."

"Kami tahu bahwa kami memiliki keleluasaan dan kecepatan dalam bergerak yang dapat mengancam lawan. Kami telah tahu hal itu, hanya saja kami masih perlu menerapkannya dalam setiap pertandingan. Ini bakal menjadi awal yang baik dalam kompetisi," katanya pula.

Sementara itu, manajer Manchester City, Manuel Pellegrini meyakini bahwa Liverpool sedikit banyak mengalami limbung dengan ketidakhadiran Luis Suarez.

"Saya menyaksikan laga Liverpool (melawan Southampton) dan kami saling bertanding di Amerika Serikat. Kami tahu apa yang mereka sedang kerjakan, meski sulit juga memberi penilaian hanya dengan menyaksikan satu laga."

"Liverpool kehilangan Suarez, karena ia pemain yang telah berperan penting bagi timnya. Mereka memang telah membeli sejumlah pemain baru untuk memperkuat skuat."

Liverpool mendatangkan dua wajah baru, yakni Lazar Markovic dan Alberto Moreno, sementara gelandang bertahan Emre Can kali pertama mengarungi atmosfer Premier League. Hanya saja Adam Lallana masih belum sepenuhnya fit.

Manchester Biru bakal mengandalkan kerjasasama menawan Edin Dzeko dan Stefan Jovetic, hanya saja bintang asal Argentina belum sepenuhnya dapat tampil. Pelatih Pellegrini kini berusaha memulihkan kebugaran pasukannya pasca penyelenggaraan Piala Dunia 2014 di Brasil.

Pablo Zabaleta atau Bacary Sagna diharapkan dapat menggantikan Gael Clichy. Dan pemain baru Eliaquim Mangala belum pulih benar. Pemain yang dibeli dibeli dari Porto seharga 32 juta poundsterling ini belum dapat tampil.

Data dan fakta:

Manchester City:
* Manchester City tidak terkalahkan dalam lima pertemuan terakhir di kandang melawan Liverpool (lima kali menang, dua kali imbang).
* Musim lalu, Manchester City mengukir kemenangan di kandang yang menandai 17 kali kemenangan (17 kali menang, sekali imbang, sekali kalah).
* The Citizens tidak terkalahkan dalam tuju laga yang dilangsungkan di stadion Etihad.
* Pasukan City selalu mencetak gol dalam 14 laga di ajang Premier League.
* City mengemas 63 gol dalam 19 laga kandang di ajang Premier League tahun lalu.    
* Edin Dzeko telah menyarangkan lima gol dan memberi satu assist dalam lima penampilan terakhir di ajang liga.

Liverpool:
* Liverpool telah mencetak 28 gol dalam 29 pertandingan di ajang Premier League.
* Pasukan Brendan Rodgers tidak terkalahkan dalam sembilan laga tandang di ajang Premier League pada 2014 ini. (tujuh kali menang, dua kali kalah)
* The Reds belum pernah meraih clean sheet dalam tujuh laga terakhir.    
* Daniel Sturridge mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak pada 2014 ini dengan mengemas 14 gol, selanjutnya  Edin Dzeko, Wilfried Bony dan Luis Suarez dengan 12 gol.

Prakiraan susunan pemain:

* Manchester City (4-4-2):
Hart (penjaga gawang), Clichy, Kompany, Demichelis, Zabaleta, Silva, Toure, Fernando, Nasri, Jovetic, Dzeko
Pemain cadangan:
Cabalerro, Boyata, Sagna, Kolarov, Milner, Navas, Aguero

* Liverpool (4-2-3-1):
Magnolet, Manquillo, Skrtel, Lovren, Johnson, Gerrard, Can, Henderson, Coutinho, Sterling, Sturridge
Pemain cadangan:
Jones, Sakho, Moreno, Luacas, Allen, Markovic, Lambert

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 
* Manchester City 1-2 Liverpool  (21,71 persen)
* Manchester City 0-2 Liverpool  (10,22 persen)
* Manchester City 2-0 Liverpool  (10,02 persen)

Head to Head:

Guinness International Champions Cup ‎(ICC)‎
31 Jul 2014    Manchester City 2 - Liverpool 2     

England Premier League ‎(EPL)
13 Apr 2014   Liverpool 3 - Manchester City 2     
26 Dec 2013   Manchester City 2 - Liverpool 1     
  3 Feb 2013   Manchester City 2 - Liverpool 2     
26 Aug 2012   Liverpool 2 - Manchester City 2     

Lima laga terakhir:

Manchester City
17 Aug 2014  Newcastle 0 - Manchester City 2  EPL
10 Aug 2014  Arsenal 3 - Manchester City 0  FACS
  2 Aug 2014  Olympiakos Piraeus 2 - Manchester City 2 ICC
31 Jul  2014   Manchester City 2 - Liverpool 2  ICC
27 Jul 2014    AC Milan 1 - Manchester City 5  ICC

Liverpool
17 Aug 2014   Liverpool 2 - Southampton 1   EPL
10 Aug 2014   Liverpool 4 - Borussia Dortmund 0 FR
 5 Aug  2014   Liverpool 1 - Man Utd. 3    ICC
 2 Aug  2014   AC Milan 0 - Liverpool 2    ICC
31 Jul  2014    Manchester City FC 2 - Liverpool 2 ICC

Prediksi laga:

* Pertemuan kedua tim raksasa Premier League ini menjanjikan laga seru dengan jual beli serangan tak terperi.

* Di atas kertas, The Reds kerapkali tampil ekstra bersemangat ketika bertanding di kandang. Ini mereka tunjukkan ketika melawan Southampton pekan lalu. Penampilan bek tengah anyar Dejan Lovren demikian memikat pekan lalu, meski kekuatan pasukan Rodgers masih bertumpu di lini depan.

* City unggul dalam produktivitas mencetak gol.

Prediksi hasil laga:

* Manchester City: 2
* Liverpool: 0

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014