Seluruh anggota DPRD yang baru saya kira harus bisa memberikan dukungan kepada program-program Pemprov DKI
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meminta agar para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI yang baru dilantik mendukung program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Seluruh anggota DPRD yang baru saya kira harus bisa memberikan dukungan kepada program-program Pemprov DKI," kata Jokowi usai pelantikan anggota DPRD di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut dia, program-program pembangunan Pemprov DKI untuk Ibu Kota sudah tersusun sedemikian rupa dan terlaksana, sehingga hanya tinggal penyelesaian serta pengawasan di lapangan saja.

"Sebetulnya, program Pemprov itu kan sudah mulai semua, paling yang tersisa hanya normalisasi Sungai Ciliwung. Kemudian, tinggal merampungkan masalah relokasi warga, seperti warga di Kampung Pulo, Waduk Pluit, Waduk Ria Rio, Krukut dan lainnya," ujar Jokowi.

Meskipun demikian, dia menuturkan solusi atas permasalahan relokasi warga tersebut hanya tinggal menunggu pembangunan sejumlah rumah susun (rusun) selesai.

"Semuanya tingal menunggu pembangunan rusun. Pembangunan rusun pun sudah dimulai. Nanti, kira-kira bulan September sudah mulai kelihatan lah hasilnya," tutur Jokowi.

Sebanyak 106 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta untuk periode 2014 hingga 2019 resmi dilantik pada hari ini.

Selain pelantikan 106 anggota dewan baru, dilakukan pula pengangkatan Ketua dan Wakil Ketua DPRD DKI Sementara yang dijabat oleh Jhonny Simanjuntak dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Muhammad Taufik dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Jabatan sementara itu berlaku hingga Ketua dan empat Wakil Ketua DPRD DKI untuk 2014-2019 resmi terpilih. Jumlah kursi DPRD DKI Jakarta untuk periode 2014-2019 sebanyak 106 kursi. Jumlah tersebut naik dari periode sebelumnya yang hanya 96 kursi.

Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014