...kekuatan Jokowi bukan hanya pada diri Jokowi sendiri, tetapi juga pada rakyat yang menghendaki pemimpin seperti itu."
Jakarta (ANTARA News) - Blusukan yang akan dilakukan presiden terpilih 2014-2019 Joko Widodo dinilai mampu mengefektifkan kebijakan dan program yang diusung pemerintahan baru Jokowi-Jusuf Kalla.

"Jokowi juga tipe pemimpin yang selalu memastikan bahwa antara policy (kebijakan), rencana dan pelaksanaan harus sejalan. Blusukan itulah cara dia memastikan bahwa apa yang direncanakan benar-benar dilaksanakan di lapangan," kata Analis Politik Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Arie Sujito dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Dari blusukan itu juga Jokowi mendengarkan suara rakyat sebagai dasar menetapkan kebijakan dan membuat rencana yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sehingga, lanjut Arie, apa yang direncanakan memang betul-betul yang dibutuhkan rakyat, bukan hanya yang diingini pemimpin.

"Kekuatan Jokowi juga terletak pada prinsipnya. Ini model pemimpin yang sedang dibutuhkan bangsa ini, saat banyak pemimpin yang tidak berani mengambil risiko dan kurang kuat dalam memang prinsip. Maka kekuatan Jokowi bukan hanya pada diri Jokowi sendiri, tetapi juga pada rakyat yang menghendaki pemimpin seperti itu," tutur Arie.

Keraguan sebagian pihak terhadap kemampuan Presiden terpilih Jokowi dalam memimpin negara, tambah Arie, sebenarnya sulit menemukan buktinya.

"Bukan hanya soal deretan prestasi Jokowi sejak menjabat sebagai Wali Kota Solo, dan kemudian Gubernur DKI Jakarta, namun kekuatan Jokowi terletak pada keberaniannya mengambil keputusan," tuturnya. (S037/N002)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014