Rasanya seperti di kantor wapres ini kayaknya.
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purmana (Ahok) mengatakan dirinya merasa seperti sedang berada di Istana Wakil Presiden karena banyaknya pasukan pengamanan presiden (paspampres) yang "mondar-mandir" di kantornya di Balaikota DKI sejak kemarin.

"Rasanya seperti di kantor wapres ini kayaknya. Aku kan gak pernah masuk ke istana. Yang seperti itu kan di kantor Wapres. Ya mirip-miriplah," kata Ahok di Balaikota, Selasa.

Sejak dikawal paspampres, pengamanan dan pengawalan terhadap Gubernur DKI Jakarta yang kini menjadi Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) semakin ketat.

Sejak Senin, pengamanan di Balaikota menjadi lebih ketat, penjagaan oleh paspampres tersebar di mana-mana, termasuk di beberapa ruang rapat tempat Jokowi biasa rapat.

Seperti pagi ini, sebelum Jokowi rapat dengan Ahok di ruang Tim Pertimbangan Urusan Tanah (TPUT), sekitar lima paspampres berpakaian batik terlihat menginspeksi daerah sekitar tempat rapat termasuk memeriksa beberapa pintu evakuasi dan bahkan tiang bendera dan lukisan.

Jumlah personel paspampres yang melekat pada Jokowi sekitar 37 orang. Dua orang tampak selalu siaga di depan pintu masuk Balaikota dekat dengan metal detektor yang sudah dinyalakan. Sisanya mengamankan di sekitar Jokowi.

Sementara untuk mobil, Jokowi dikawal 7 iring-iringan mobil dan 3 motor paspampres. Atas permintaan Jokowi, jumlah itu sudah jauh berkurang daripada yang semula diusulkan yakni 22 mobil.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014